Waspada! Konsumsi 7 Buah Ini Saat Cuaca Panas Picu Masalah Pencernaan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Buah-buahan memang bernutrisi. Namun, ada beberapa yang sebaiknya tidak dimakan terlalu sering, terutama saat cuaca panas karena bisa mengganggu pencernaan.

Ketika suhu meningkat dan menyebabkan kondisi seperti gelombang panas, sulit untuk tidak mengonsumsi makanan menyegarkan seperti buah. Sejumlah buah memang direkomendasikan untuk dimakan saat musim panas,

Namun, kamu juga perlu mengenal buah mana yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering saat musim panas. Sebab konsumsi buah itu mengganggu pencernaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, buah-buahan mana saja yang bisa mengganggu pencernaan jika sering dimakan? Berikut daftarnya, seperti yang dilansir dari moneycontrol.com (29/04).

1. Semangka

Ilustrasi buah semangkaKonsumsi semangka terlalu sering bisa sebabkan kembung. Foto: Getty Images/skodonnell

Semangka merupakan buah yang kaya akan air. Menikmati buah ini di musim panas bisa membantu tubuh terhidrasi.

Namun, jangan makan terlalu banyak. Semangka mengandung FODMAP atau fermentable oligosaccharides, disaccharides, monosaccharides, and polyols, berupa karbohidrat yang sulit dicerna usus.

Kalau dikonsumsi terlalu banyak, berbagai karbohidrat ini bisa menyebabkan masalah pencernaan. Kandungan air dan serat tinggi dalam semangka juga terkadang dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan bagi beberapa orang yang memang rentan.

Konsumsi berlebihan bisa membebani sistem pencernaan yang sensitif.

2. Mangga

Bikin Netizen Kaget! Ini Fakta Temuan Benang Hitam di Buah ManggaKandungan gula dan serat dalam mangga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Foto: thaiger.com

Mangga kaya kandungan gula dan serat alami. Buah tropis ini jadi opsi tepat untuk dimakan saat musim panas.

Namun, kekayaan gula dan serat itu bisa menyebabkan masalah pencernaan. Terutama bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Kandungan gula dan serat dalam mangga terkadang tidak bisa diserap dengan sempurna oleh usus kecil, sehingga terjebak di usus besar.

Oleh karena itu mengonsumsinya berlebihan bisa menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan di perut.

3. Nanas

Ilustrasi smoothies nanasBromelain dalam nanas dapat memicu ketidakyamanan pada beberapa individu. Foto: Getty Images/iStockphoto/villagemoon

Nanas juga digemari karena rasanya yang asam manis menyegarkan. Buah ini juga mengandung bromelain, enzim yang dikenal karena sifat pencernaannya.

Namun, dalam jumlah banyak, bromelain dapat memicu ketidaknyamanan pencernaan pada beberapa individu. Konsumsi nanas berlebihan bisa menyebabkan iritasi atau sensitivitas pada saluran pencernaan.

Daftar buah-buahan lain yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering bisa lihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video "Makanan Yang Ingin Dicobain Kyuhyun SuJu Kalau ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber Detik Food
Detik Food