Warga Jawa Barat Rasakan 6 Gempa Sepanjang April 2024, Sebenarnya Terjadi 106 Kali

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung mencatat 106 kali gempa bumi di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya selama April 2024. Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, menyebut hanya enam lindu nan guncangannya terasa oleh penduduk lokal.

“Gempa bumi terbesar nan tercatat (pada April 2024) bermagnitudo 6,5,” kata Rahayu, Jumat 3 Mei 2024.

Gempa berkekuatan M6,2 nan datanya dimutakhirkan oleh BMKG itu terjadi pada pukul 23.29 WIB, Sabtu, 27 April 2024. Pusat gempa berada di lautan Samudra Hindia selatan Jawa Barat. Jaraknya berkisar 156 kilometer di arah barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Guncangan nan terasa dari kedalaman 70 kilometer itu memilki skala intensitas IV MMI di wilayah Sukabumi dan Tasikmalaya. Intensitas getarannya berskala III-IV MMI di Bandung dan Garut. Sedangkan Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, DKI Jakarta, Kebumen, Banyumas, Cilacap, hingga Purwokerto, merasakan lindu itu dengan skala III MMI alias guncangan seakan ada truk berlalu.

Gempa kuat itu tidak berpotensi tsunami. BMKG memperkirakan lindu itu disebabkan deformasi batuan, dalam lempeng Indo-Australia, nan menunjam ke bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat (intra-slab earthquake).

Iklan

Merujuk peta pengedaran episenter gempa di Jawa Barat, terdapat 66 kali gempa bumi pada April 2024 nan terjadi di laut, persisnya dari area selatan Pulau Jawa. Mayoritas guncangan itu dipicu aktivitas sesar aktif dasar laut. Ada juga empat gempa lain di laut nan muncul lantaran subduksi alias penunjaman lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

BMKG Stasiun Geofisika Bandung juga mencatat 28 kali gempa di darat dengan kedalaman dangkal. Ada juga 8 lindu di daratan Jawa Barat akibat pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia. Kedalaman seluruh sumber gempa tersebut bervariasi antara 4-317 kilometer.

Bila dirangkum, dari total 106 kali gempa di Jawa Barat, terjadi 94 kali gempa dangkal dari kedalaman kurang dari 60 kilometer. Terdapat 11 gempa menengah dari kedalaman 60-300 kilometer, serta satu kali gempa dari kedalaman di bawah 300 kilometer.

Pilihan Editor: 4 Kali Gempa Menggoyang Garut dari Berbagai Sumber, Ini Data BMKG

Sumber Tempo
Tempo