Waktu Training Camp Timnas Indonesia Sebentar, Erick Thohir Minta Liga Sesuaikan Jadwal

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, JakartaKetua PSSI Erick Thohir menyoroti minimnya waktu berkumpul para pemain Timnas Indonesia. Ia meminta PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator menyesuaikan agenda antara Liga Indonesia dan pertandingan resmi FIFA.

Erick menjelaskan selama ini pemain timnas hanya mempunyai waktu satu hingga dua hari untuk berkumpul sebelum berlaga. Dengan pengaturan agenda bersama, diharapkan pemain timnas mendapat waktu lebih untuk pemusatan latihan (training camp), ialah tiga alias empat hari.

Terlebih Timnas Indonesia dipastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Di babak ini, tantangan Indonesia lebih berat lantaran bersaing dengan 17 negara besar Asia untuk memperebutkan enam tiket lolos langsung ke Amerika Serikat-Kanada-Meksiko.

“Ini kelasnya lebih tinggi. Liga menyanggupi. Kami sekarang lagi susun agenda nan tepat berbareng liga,” kata Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024.

Kepastian Timnas Indonesia melenggang ke fase berikutnya didapat usai mengalahkan Filipina dengan skor 2-0.

Thom Haye menjadi pencetak gol pertama Skuad Garuda pada menit ke-32. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti menghujam gawang Kevin Ray Mendoza. Gol kemenangan Pasukan Merah Putih dicetak oleh Rizky Ridho pada menit ke-56 setelah menerima umpan tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On.

Iklan

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara nan bisa melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Negara-negara tetangga lain, seperti Malaysia dan Thailand kandas lolos lantaran hanya bisa finis sebagai ranking ketiga di grup masing-masing. Sementara Pasukan Garuda sukses menempati urutan kedua grup F dengan koleksi 10 poin.

"Berkat kerja keras pemain di lapangan, kami bisa mencetak sejarah baru dan kami akhirnya lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia. Kami bakal mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berupaya semaksimal mungkin," ujar manajer timnas, Shin Tae-yong.

RANDY FAUZI

Pilihan Editor: Shin Tae-yong Kritik Kondisi Rumput GBK, Minta Jangan Dipakai Konser Lagi

Sumber Tempo
Tempo