Viral di TikTok Tren Minum Kopi Pisang, Benarkah Menyehatkan?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Racikan kopi pisang sempat tren di media sosial. Caranya dengan menambahkan potongan pisang ke dalam kopi, lalu menghaluskannya bersama. Apakah racikan ini menyehatkan?

Banyak racikan kopi yang baru-baru ini muncul. Tidak hanya menambahkan bahan-bahan umum, seperti krim gula, atau pemanis, tetapi banyak juga pencinta kopi yang menambahkan buah-buahan ke dalamnya.

Salah satu buah yang disebut enak dicampur dengan kopi adalah pisang. Racikan kopi campur pisang itu juga sempat viral di media sosial.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain enak, banyak kreator konten mengklaim kopi pisang ini menawarkan manfaat kesehatan. Lantas, apakah benar?

Berikut faktanya:

1. Apa itu kopi pisang?

KopiKopi pisang merupakan kopi yang dicampur dengan tambahan buah pisang. Foto: Getty Images/iStockphoto/nata_vkusidey

Melansir bhg.com, tren kopi campur pisang ini dimulai dari unggahan TikToker Ellie Gervais. Ellie mencoba membuat ulang minuman tersebut setelah melihatnya di menu salah satu kafe.

Dalam video tersebut, ia menunjukkan dua bahan yang diperlukan, berupa pisang beku dan cold brew. Untuk membuatnya pun hanya perlu mencampurkan pisang dan minuman kopi itu.

Keduanya tinggal dihaluskan bersamaan, sampai menjadi minuman semacam smoothie.

Namun, menurut Ellie, kamu perlu mengupas terlebih dahulu kulit pisang sebelum membekukannya. Sebab, akan lebih sulit mengupas kulitnya dalam keadaan beku.

2. Apakah kopi pisang menyehatkan?

KopiKopi dan pisang merupakan dua makanan bernutrisi. Foto: Getty Images/iStockphoto/nata_vkusidey

Kopi dan pisang merupakan dua bahan makanan yang terkenal bernutrisi. Namun, bagaimana jika kedua bahan itu dicampur?

Pisang merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik. Manfaat konsumsinya yaitu membantu mengatur kadar gula darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mendukung kesehatan jantung.

Ditambah buah pisang secara alami memiliki rasa manis. Sehingga, ketika dicampur dengan kopi, kamu tidak perlu menambah pemanis lainnya.

Sedangkan kopi kaya antioksidan dan sumber kafein baik. Minum kopi dapat membantu meningkatkan energi dan kejernihan mental.

Dengan kandungan nutrisi masing-masing, mencampurkan kedua bahan tersebut ke dalam satu minuman bukanlah masalah. Justru memberi asupan nutrisi menyehatkan seperti yang disebutkan sebelumnya.

Tips bikin kopi pisang agar enak dan menyehatkan, bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video "Anjuran Kopi dan Teh Tak Dikonsumsi saat Sahur"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber Detik Food
Detik Food