VinFast, Senjata Vingroup Kuasai Pasar Global Kendaraan Listrik

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah gejolak industri otomotif global, VinFast, bagian kendaraan listrik dari konglomerat raksasa Vietnam Vingroup, muncul sebagai pemain utama nan siap masuk ke pasar global. Dipimpin oleh Pham Nhat Vuong, orang terkaya Vietnam, VinFast menggabungkan tekad besar dengan penemuan mutakhir, menjadikannya kekuatan pendorong dalam peralihan dunia menuju mobilitas berkelanjutan.

Vuong, dengan keyakinannya nan teguh pada masa depan mobil listrik, telah memposisikan VinFast sebagai poros utama Vingroup. Komitmennya terlihat jelas dari investasi pribadi US$1 miliar, menunjukkan dedikasi nan tak tergoyahkan untuk kesuksesan VinFast.

"Pasar kendaraan listrik bakal terus berkembang dan mengungguli mobil berkekuatan bensin. VinFast adalah misi, kehormatan, dan masa depan Vingroup, dan saya tidak bakal menyerah pada VinFast," ujar Vuong.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum kehadiran VinFast, sektor otomotif Vietnam sangat berjuntai pada impor, dengan perakitan lokal nan terbatas dan industri pendukung nan belum berkembang. Hal ini mengakibatkan biaya nan lebih tinggi dibandingkan dengan pesaing regional.

Meskipun demikian, pasar otomotif Vietnam mempunyai potensi besar, dengan tingkat kepemilikan mobil hanya 23 per 1.000 orang - salah satu nan terendah secara global.

Kini, VinFast telah menjadi pemain kunci dalam membina rantai pasokan otomotif Vietnam nan berdikari dan proaktif. Hal ini, pada gilirannya, meningkatkan merek VinFast ke panggung dunia.

Hanya tujuh tahun setelah mengungkapkan model-model pertamanya di Paris Motor Show, Vuong kemudian masuk dalam daftar bergengsi tokoh paling berpengaruh dalam industri otomotif global.

VinFast(Foto: Arsip VinFast)

Inovasi Sewa Baterai

Salah satu upaya VinFast go global, ialah dengan memasuki pasar regional, termasuk Indonesia. Tak hanya merancang kendaraan nan futuristik, VinFast juga berinovasi dengan kebijakan sewa alias langganan baterai.

Dengan memisahkan biaya baterai dari nilai awal kendaraan, VinFast secara signifikan mengurangi beban finansial konsumen pada saat membeli. Di Indonesia, biaya langganan baterai VinFast berkisar antara Rp1.500.000 hingga Rp2.600.000 per bulan, jauh lebih murah daripada biaya bahan bakar bensin.

Ditambah lagi, VinFast juga menjamin pemeliharaan dan penggantian baterai cuma-cuma jika kapasitasnya turun di bawah 70%. Hal ini memberikan ketenangan pikiran bagi pengguna dan meminimalkan biaya operasional.

Salah satu produk utama nan ditawarkan VinFast, ialah VF e34. SUV listrik segmen C ini dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih dan seperangkat teknologi pandai nan ramah pengguna, termasuk pembaruan perangkat lunak jarak jauh, support pengendalian suara, pemantauan status pengisian baterai, dan lainnya.

Selain itu, VF e34 juga mempunyai sistem peringatan akibat pencurian dan keahlian untuk mengingat kebiasaan pengguna agar pengalaman berkendara nan lebih baik. SUV pandai dan bergerak ini menjanjikan style hidup baru bagi masyarakat kota sekaligus ramah lingkungan.

Dukungan Kekuatan Vingroup

VinFast tak hanya berdiri sendiri dalam memproduksi dan mengembangkan kendaraan listrik. Perusahaan ini mempunyai untung dari ekosistem teknologi Vingroup nan luas, termasuk VinBigData, VinAI, VinES, VinCSS, VinHMS, dan VinBrain.

Kekuatan campuran dari perusahaan-perusahaan ini memungkinkan VinFast untuk mengembangkan kendaraan nan lebih cerdas, lebih aman, dan lebih efisien serta ramah lingkungan. Dengan kekuatan campuran itu, ViinFast memanfaatkan teknologi canggih seperti AI, IoT, robotika, hingga teknologi imersif.

VinFast sendiri hanya satu langkah ambisius Vingroup untuk meningkatkan kehidupan berkepanjangan melalui teknologi. Vingroup sendiri berkomitmen untuk masa depan nan berkelanjutan. Perusahaan ini telah meraih penghargaan AIBP 2023 ASEAN Tech for ESG atas usahanya dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip ESG ke dalam operasi bisnisnya.

Karenanya, dengan segala modal dan support kekuataan dari ekosistem perusahaan, ambisi VinFast tidak berakhir di Vietnam dan reginal. Perusahaan ini mempunyai rencana ekspansi dunia nan agresif, dengan sasaran pasar utama di Amerika Utara dan Eropa.

Dengan kepemimpinan Vuong nan visioner dan komitmen Vingroup terhadap inovasi, VinFast berpotensi menjadi pemimpin dunia dalam mobilitas listrik.

(ory)

Sumber cnn indo
cnn indo