UTBK di UNJ: Dua Peserta Pingsan, Diduga karena Stres

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Sekertaris Pusat UTBK Universitas Negeri Jakarta alias UNJ, Agung Premono, mengatakan, dua orang dilaporkan pingsan saat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2024 alias UTBK SNBT di Pusat UTBK UNJ, Jakarta. Keduanya pingsan di hari pertama UTBK pada 30 April 2024. 

"Keduanya pingsan sebelum mulai ujian," kata Agung di laman Gedung Dewi Sartika, UNJ, Jakarta Timur, Sabtu, 4 Mei 2024.

Agung mengatakan, keduanya kemungkinan stres menghadapi UTBK. Di pertengahan ujian, kedua orang itu sudah sadar. Namun, orang tua kedua peserta itu tak mau anaknya melanjutkan ujian.

"Masih ada lama waktu, tapi orang tua mundur," kata Agung.

Untuk itu, Agung mengingatkan kepada peserta ujian untuk menjaga kesehatan mental. Menurut dia, kesehatan itu lebih krusial dijaga.

"Jangan terlalu dipikirkan. Kesehatan mental penting," kata Agung.

Iklan

Agung juga mengatakan, selama empat hari penyelenggaraan UTBK di UNJ melangkah lancar. Semua peserta mengikuti prosedur dengan teratur. 

Sampai hari ini, kata Agung, ada sekitar 95 persen peserta nan mengikuti Ujian di UTBK. Namun, Agung belum bisa memastikan rinciannya. Ia hanya mengatakan, setiap sesi UNJ melayani 1.115 peserta. Saat ini, sudah ada 28 sesi nan digelar di 7 letak UTBK Pusat UNJ. 

Adapun seluruh peserta UTBK UNJ sebanyak 30.364 orang nan terbagi atas 132 sesi dimana setiap hari dilakukan ujian sebanyak 2 sesi.

Pilihan Editor: Cara UGM Cegah Peserta UTBK-SNBT Pakai Joki dan Lakukan Kecurangan

Sumber Tempo
Tempo