Undip Pastikan Hasil Pengumuman Peserta Seleksi Mandiri Reguler Aman Usai Laman Diretas

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta -  Laman pendaftaran Universitas Diponegoro (Undip) mengalami peretasan pada Kamis, 11 Juli 2024. Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Heru Susanto, mengimbau kepada seluruh peserta seleksi ujian berdikari reguler agar tidak panik bakal terjadi perubahan pada hasil seleksi.

Heru mengatakan Undip telah menetapkan nama-nama peserta nan lolos dalam ujian berdikari reguler. Pengumuman itu telah tercantum pada surat Nomor 77/UN7.A1/AK/2024 point pertama.

"Sebagaimana butir pertama terdokumentasi dengan baik dalam corak cetak nan disimpan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Undip," tulis Heru dalam pengumuman tersebut, nan diterima Tempo pada Kamis, 11 Juli 2024.

Heru menjelaskan nama-nama peserta nan lolos telah didokumentasikan dalam corak cetak sebelum peretasan terjadi. Lalu diunggah pada laman pendaftaran.undip.ac.ad pada Rabu, 10 Juli 2024 pukul 23.00. Pada jam itu, peserta sudah bisa mengaksesnya. 

"Diperkirakan pada tanggal 11 Juli 2024 pukul 02.00 laman mendapatkan gangguan dari pihak eksternal nan mengubah nama program studi," kata Heru.

Iklan

Dilansir melalui media sosial X, pada Kamis, 11 Juli 2024, tampak akun @Xvrenwin, membagikan tangkapan layar laman nan telah diretas. Program studi (prodi) diubah menjadi nama-nama nan tak sesuai, misalnya S1-Memijat, S1-Hubungan Tanpa Status, S1-Ilmu Batin, S1-Rebahan. Akun lain, @sbmptnfess, membagikan perubahan nama prodi menjadi S1-Horas Bah, S1-Teknik Ping Pong, S1-Panjat Pinang, S1-Cek Khodam.

Heru menegaskan info peserta seleksi ujian berdikari reguler nan dinyatakan lolos maupun tidak bakal mengalami perubahan dan bakal tetap sama dengan info nan telah diisikan pada saat pendaftaran.

Sementara itu, Manajer Layanan Terpadu dan Hubungan Masyarakat (Humas) Undip, Utama Setyowati, mengatakan laman pendaftaran sudah kembali normal sejak pukul 16.00. "Website sudah normal dan aktif kembali," kata dia saat dihubungi Kamis malam, 11 Juli 2024.

Pilihan Editor: Undip Umumkan Hasil Ujian Mandiri 2024 Hari Ini, Begini Cara Mengeceknya

Sumber Tempo
Tempo