Top 3 Hukum: Kodam Jaya Buka Suara Soal Mobil Dinas TNI di Lokasi Uang Palsu, Tes Urine Virgoun dan PA Positif Metamfetamin

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Tiga buletin terpopuler kanal norma pada Sabtu pagi ini dimulai dari penjelasan Kodam Jaya soal temuan mobil dinas TNI di letak penyimpanan uang palsu Rp 22 miliar. Polda Metro Jaya menemukan mobil dinas TNI itu di tempat tersangka menyimpan duit tiruan di Srengseng Raya, Jakarta Barat. 

Berita terpopuler lain adalah KPK mengeluarkan surat larangan berjalan ke luar negeri terhadap tiga orang dalam investigasi kasus korupsi di Basarnas. Dugaan korupsi itu terendus pada pengadaan truk angkut personel dan rescue carrier vehicle di lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) tahun anggaran 2014.

Berita terpopuler ketiga adalah hasil tes urine sementara penyanyi Virgoun Tambunan dan kawan wanitanya, PA, pada saat penangkapan positif mentamfetamin. Selanjutnya, keduanya bakal menjalani tes kesehatan dalam kasus dugaan penyalahgunaan sabu.

Berikut 3 buletin terpopuler kanal norma pada Sabtu, 22 Juni 2024:  

1. Ada Mobil Dinas TNI di Lokasi Penyimpanan Uang Palsu Rp 22 Miliar, Ini Penjelasan Kodam Jaya

Polda Metro Jaya menemukan mobil dinas TNI di tempat nan digunakan para tersangka menyimpan duit tiruan sebesar Rp 22 miliar di Srengseng Raya, Jakarta Barat. Kepala Penerangan Kodam Jaya, Kolonel Inf. Deki Rayu Syah Putra membenarkan, mobil berpelat dinas TNI itu terdaftar di Paldam Jaya (Peralatan Kodam Jaya).

"Kami izin menyampaikan bahwa betul adanya, bahwa mobil dinas tersebut terdaftar di dalam daftar Kapaldam Jaya (Kepala Peralatan Kodam Jaya) selaku nan berkuasa mengeluarkan nomor dinas di Paldam Jaya," ujar Deki saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Jumat, 21 Juni 2024. 

Deki menjelaskan, pelat nomor dinas itu terdaftar atas nama Kolonel Chb (Purn) R. Djarot nan sudah pensiun pada 2021. Deki menyebut, nomor dinas tersebut terdaftar dari 2020 dan lenyap masanya di 2021.

"Berarti nomor tersebut sudah tidak sah digunakan dan mobil tersebut juga dia hanya meminjam nomor polisi untuk aktivitas dinas seharusnya," ujar dia. 

Dia menjelaskan, pemilik nomor dinasi itu berada di Jawa Barat, sementara mobil nan menggunakan nomor dinas itu berada di TKP. Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, mobil dinas TNI itu dipinjam salah satu tersangka ialah FF. Pemilik mobil hanya mengetahui bahwa FF meminjam mobil itu untuk bertamu.

"Untuk nan lainnya kelak kami juga membawa Pomdam Jaya. Untuk kasus ini tetap dalam penyelidikan keberadaannya. Kami juga terus bersinergi dengan pihak dirkrimum," kata dia. 

Barang bukti kasus pembuatan duit tiruan Rp 22 Miliar di Jakarta Barat. Tempo/Hendri.

Diketahui sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menangkap empat tersangka kasus pemalsuan duit sebesar Rp 22 miliar di Srengseng Raya, Jakarta Barat, pada Sabtu 15, Juni 2024. Empat tersangka nan telah ditangkap ialah M, FF, YS, dan MDCF. Empat tersangka itu mempunyai peran nan berbeda.

Dalam penangkapan itu, polisi mengamankan sejumlah peralatan bukti ialah duit tiruan sebanyak 220.000 lembar pecahan Rp100.000 alias senilai Rp 22 miliar, duit tiruan sebanyak 180 lembar kertas plano nan belum dipotong, dan mesin pemotong uang.

Sementara di Villa Sukaraja Sukabumi Jawa Barat, polisi mengamankan perangkat print mesin cetak merk GTO, plat warna pencetak sesuai gambar (dicetak mesin CTV), dan kertas plano ukuran A3. 

Pembuatan duit tiruan itu dilakukan untuk memenuhi pesanan P. P bakal menggunakan duit tiruan itu sebagai disposal alias pemusnahan duit di Bank Indonesia. P menjanjikan bakal memberikan seperempat nilai dari Rp 22 miliar ialah sebesar Rp 5,5 miliar. P berjanji bakal membayarkannya selesai lebaran Idul Adha.

Wira mengatakan, para tersangka bakal dikenakan Pasal 244 KUHP dengan ancaman balasan penjara 15 (lima belas) tahun, Pasal 245 KUHP dengan ancaman balasan penjara 15 (lima belas) tahun, Pasal 55 KUHP, dan Pasal 56 KUHP.

Selanjutnya KPK larang 3 orang ke luar negeri dalam investigasi korupsi di Basarnas...

  • 1
  • 2
  • 3
  • Selanjutnya
Sumber Tempo
Tempo