Timnas U-23 Indonesia vs Guinea di Laga Playoff: Justin Hubner dan Rizky Ridho Absen, Elkan Baggott dan Alfeandra Dewangga Dipanggil

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Timnas U-23 Indonesia dipastikan bertolak ke Paris tanpa salah satu bek jagoan mereka, Justin Hubner. Bek berumur 20 tahun itu kudu kembali ke klubnya, Cerezo Osaka, usai menuntaskan tugas di Piala Asia U-23 2024.

Seperti diketahui, Timnas U-23 Indonesia tetap kudu menjalani satu laga playoff untuk memperebutkan satu jatah tersisa ke Olimpiade 2024. Garuda Muda akan menghadapi Guinea U-23 nan merupakan ranking keempat Piala Afrika U-23 2023. Laga kedua tim bakal digelar di Clairefontaine, Prancis, 9 Mei mendatang.

Timnas U-23 Indonesia pun direncanakan langsung bertolak ke Paris, Sabtu, 4 Mei 2024.

Menurut Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji, selain Justin Hubner, seluruh pemain abroad (yang memperkuat klub luar negeri) tetap ikut dalam rombongan tim didikan Shin Tae-yong ke Paris.

Mereka nan saat ini berstatus sebagai pemain abroad adalah Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen), Pratama Arhan (Suwon FC), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Ivar Jenner (Jong Utrecht), dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Untuk menutupi lubang nan ditinggalkan Justin Hubner, pembimbing Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil dua pemain belakang lagi ialah Elkan Baggott dan Alfeandra Dewangga. Baik Baggott maupun Dewangga sama-sama sudah menuntaskan tugas mereka di klub masing-masing pada kejuaraan musim ini.

Dewangga berbareng PSIS Semarang di Liga 1 2023-2024. Klubnya tak lolos ke babak empat besar. Adapun Elkan Baggott sudah menyelesaikan kejuaraan League One musim ini berbareng Bristol Rovers.

Iklan

Dewangga pun memberikan kode sedang mempersiapkan diri untuk pergi ke Prancis, lewat akun Insta Story-nya, Jumat. Ia memberikan tautan sedang berada di Kedutaan Besar Prancis di Indonesia.

Dipanggilnya Dewangga dan Baggott juga dikonfirmasi Sumardji kepada media. “Sementara tambahan hanya dua nan kami persiapkan, Elkan dan Dewangga. Untuk Elkan, kami sedang bersurat ke klubnya,” kata dia.

Sementara itu, lini belakang Timnas U-23 Indonesia juga bakal keropos lantaran kemungkinan akumulasi kartu merah Rizky Ridho tetap bersambung di laga play-off ini. Seperti diketahui, bek Persija Jakarta itu terkena kartu merah saat laga semifinal melawan Uzbekistan. Itu membuatnya tidakhadir di perebutan tempat ketiga melawan Irak. 

Karena kartu merah langsung, semestinya Ridho tidakhadir dalam dua pertandingan seperti nan dialami oleh Ramadhan Sananta saat terkena kartu merah di laga perdana melawan tuan rumah Qatar. Meski bukan lagi di Piala Asia U-23 2024, tampaknya akumulasi kartu itu tetap bertindak lantaran tetap dalam rangkaian kualifikasi menuju Olimpiade 2024.

Jika situasinya demikian, jikalau nantinya Justin Hubner diizinkan kembali oleh Cerezo Osaka memperkuat Timnas U-23 Indonesia, dia tetap tidak bisa bermain. Itu lantaran bek nan dipinjamkan dari Wolverhampton Wanderers tersebut juga terkena akumulasi dua kartu kuning.

Pilihan Editor: Presiden Jokowi: Pencapaian Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U-23 2024 Layak Diapresiasi

Sumber Tempo
Tempo