Terpopuler: Ada Ipar Jokowi di Komisaris BNI, Dana Tapera Disebut Bukan untuk IKN

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, JakartaBerita terpopuler nan banyak mendapat perhatian pembaca adalah tentang kerabat Presiden Joko Widodo alias Jokowi nan duduk di sejumlah posisi di perusahaan pelat merah. Selain kemenakan, juga ada ipar Jokowi nan berjulukan Sigit Widyawan nan saat ini menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) alias BNI. 

Berita lain nan juga banyak dibaca adalah mengenai Kementerian Komunikasi dan Informatika alias Kemenkominfo nan bekerja sama dengan Google untuk memberantas judi online memanfaatkan kepintaran buatan alias artificial intelligence (AI) dengan menerapkan pencegahan alias pre-bunking.

Kemudian buletin mengenai Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) nan menyatakan menemukan perangkat bukti pelanggaran mengenai jasa layanan pengiriman di platform Shopee. Temuan tersebut membawa perkara ini naik dari tahap penyelidikan ke tahap pemeriksaan.

Lalu buletin tentang Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat alias BP Tapera angkat bicara soal kekhawatiran masyarakat bahwa biaya Tapera bakal digunakan untuk membiayai  pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera Sugiyarto memastikan tidak ada peruntukan untuk pembiayaan proyek  tersebut.

Berikut rangkuman buletin terpopuler Tempo.co:

  1. Ipar Jokowi Duduki Jabatan Komisaris Independen BNI

Kerabat Presiden Joko Widodo alias Jokowi nan duduk di sejumlah posisi di perusahaan pelat merah rupanya tak henti pada dua kemenakannya. Ada nama Sigit Widyawan, suami dari sepupu Jokowi, saat ini sudah masuk periode kedua, menduduki kedudukan Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia (Persero) alias BNI. Ipar Jokowi itu pertama kali ditunjuk menduduki posisi ini sejak 2018-2022. Pada 2022 dia kembali ditunjuk lanjut menjabat komisaris independen pada 2022-2025.

“Saya hanya mengikuti sesuai nan diamanatkan di dalam tugas komisaris untuk pengawasan,” kata Sigit, menceritakan tugas dia sebagai Komisaris Independen BNI melalui sambungan telepon kepada Tempo, Selasa, 11 Juni 2024. Sigit tak membantah dirinya dua kali ditunjuk sebagai Komisaris Independen BNI—sejak 2018-2022—dan ditunjuk pada 2022 untuk menjabat hingga lima tahun.

Sigit mengatakan, sebagai komisaris independen ada beragam tugas pengawasan. Menurutnya, tugas pengawasan itu untuk pemantauan internal BNI. Kerja komisaris independen menurutnya dibagi dalam empat komite, ialah komite audit, pemantau risiko, nominasi dan remunerasi, serta tata kelola terintegrasi. “Ada pembagiannya masing-masing,” tutur dia.

Sigit mematikan telepon dengan argumen kudu sarapan pagi. Sigit tak menjawab saat ditanya dua kali memegang kedudukan komisaris independen. “Maaf sudah masuk di meeting ini,” ujar dia, merespons pertanyaan nan dikirimkan ke nomor WhatsApp-nya. Dia menyatakan bakal merespons setelah tak sibuk.

Hubungan Sigit dan Jokowi terpaut sangat dekat. Sigit menikahi Nining Roni Widyaningsih—sepupu Jokowi. Keduanya mempunya dua anak, laki-laki dan perempuan. Nining adalah putri dari Miyono Suryo Sarjono. Miyono merupakan kakak tertua Sujiatmi—ibu Jokowi. Kedua orang ini punya satu kerabat laki-laki, Setiawan Prasetya. Ketiganya merupakan putra-putri Wirorejo dan Sani.

Berita komplit bisa dibaca di sini.

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • Selanjutnya
Sumber Tempo
Tempo