Ternyata Ini 2 Jenis Pisang yang Bagus untuk Diet

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Orang nan berupaya menurunkan berat badan biasanya mengkonsumsi buah-buahan untuk menunjang dietnya. Dan pisang jadi salah satu buah terkenal bagi para pelaku diet.

Selain rasanya enak, pisang kaya bakal nutrisi. Buah ini merupakan sumber potasium dan vitamin B6. Nutrisi vitamin dan mineral krusial lain terkandung pula di dalamnya.

Pisang tinggi serat dan rendah kalori. Buah ini juga mengandung banyak karbohidrat, nan artinya kandungan gula dalam pisang bisa lebih tinggi. Hal inilah nan membikin sebagian orang cemas pisang justru meningkatkan berat badan dan bukan malah menurunkannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, apakah pisang betul bisa menurunkan berat badan?

Pisang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Dilansir Healthline, belum ada penelitian nan secara langsung meneliti pengaruh pisang terhadap berat badan. Meski demikian, kandungan seratnya banyak dan buah ini rendah kalori.

Serat berkedudukan krusial untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan begitu, kebiasaan buang air besar dapat menjadi teratur.

Penelitian juga menunjukkan asupan serat nan cukup dikaitkan dengan penurunan berat badan. Menurut ilmuwan, perihal ini terjadi lantaran serat membikin seseorang merasa kenyang lebih lama. Sehingga bantu seseorang untuk tidak makan alias ngemil dalam jangka waktu berdekatan.

Selain itu, kandungan banyak nutrisi dalam pisang juga berfaedah bagi kesehatan secara menyeluruh, seperti menurunkan akibat penyakit jantung, penyakit divertikular, serta beberapa jenis kanker.

Jenis Pisang nan Bagus untuk Diet

Ternyata tidak semua pisang cocok untuk diet turunkan berat badan. Tingkat kematangan pisang menentukan kandungan nutrisi nan tersimpan di dalamnya. Dan inilah kenapa ada jenis pisang nan baik dan jelek untuk diet.

Jadi, apa jenis pisang terbaik untuk diet?

1. Pisang Hijau

Pisang hijau alias pisang belum terlalu matang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Dikutip dari Times of India, perihal ini lantaran kandungan gulanya lebih rendah dan pati nan lebih resisten.

Pati resisten baik untuk pencernaan lantaran tidak bisa dipecah oleh enzim lambung. Dengan begitu, membikin seseorang dapat kenyang lebih lama. Jenis pati ini bisa pula memperlambat penyerapan gula dari makanan sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Beberapa penelitian juga melaporkan bahwa pati resisten dapat meningkatkan pembakaran lemak.

Dengan kandungan pati resisten dan gula nan lebih rendah, pisang hijau alias pisang belum matang merupakan pilihan terbaik untuk diet.

2. Pisang Kuning

Selain pisang hijau, pisang kuning juga termasuk cukup bagus untuk diet. Pisang kuning di sini berfaedah telah matang sempurna, dan bukan terlalu matang nan sampai mempunyai bintik-bintik cokelat.

Jenis pisang ini mengandung kandungan gula lebih rendah dibandingkan pisang nan terlalu matang. Kandungan pati dan serat dalam pisang kuning juga tetap bagus sehingga baik untuk pencernaan.

Selain itu, pisang kuning menyimpan semua nutrisi baik nan memberikan faedah bagi kesehatan, mulai dari vitamin B6 dan C, kalium, magnesium, hingga mangan.

Jadi jika sedang diet menurunkan berat badan, hindari pisang terlalu matang nan berbintik cokelat. Dan bisa pilih dua jenis pisang di atas.

Simak Video "Icip-icip Buah Salju di Kintamani"
[Gambas:Video 20detik]
(azn/fds)

Sumber Detik Food
Detik Food