Tanggal 22 Juni 2024 Memperingati Hari Apa Saja? Cek Daftarnya

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Jakarta -

Tanggal 22 Juni diperingati hari penting nasional dan internasional. Di Indonesia, tanggal 22 Juni memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta. Secara internasional, tanggal 22 Juni memperingati Hari Hutan Hujan Sedunia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peringatan-peringatan tersebut, simak serba-serbinya berikut ini:

HUT ke-497 Jakarta 2024

Tanggal 22 Juni 2024 bertepatan dengan peringatan HUT ke-497 Jakarta. Dalam rangka memperingatinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusung tema 'Jakarta Kota Global Berjuta Pesona', yang menandakan peralihan position ibu kota negara menuju arah pembangunan baru menjadi kota global.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Makna 'Jakarta Kota Global' yaitu bahwa selama hampir 500 tahun, Jakarta telah melewati berbagai perubahan. Ketangguhan warganya membuat Jakarta terus berkembang menjadi kota megapolitan yang progresif. Tahun ini, Jakarta juga akan menghadapi perubahan perannya sebagai ibu kota yang akan mengarah ke kiblat baru, yakni kota global.

Sementara makna 'Berjuta Pesona' yakni bahwa melepaskan position sebagai ibu kota negara, tidak membuat Jakarta kehilangan pesonanya. Kota ini tetap menjadi pusat berbagai aktivitas positif dan menjadi rumah bagi jutaan mimpi warganya. Kini, Jakarta bertransformasi menjadi kota world dengan keunikan dan keragaman budayanya.

Berbagai rangkaian acara juga turut diselenggarakan, yang telah dimulai sejak bulan Mei lalu hingga Juli mendatang. Pada puncak peringatannya, akan ada berbagai acara mulai dari upacara peringatan HUT Jakarta di Monas hingga Jakarta Night Carnival (Jakarnaval) bertajuk 'Malam Jaya Raya'.

Hari Hutan Hujan Sedunia

Secara internasional, tanggal 22 Juni 2024 diperingati Hari Hutan Hujan Sedunia (World Rainforest Day). Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang hutan hujan dan semua spesies biotik di dalamnya, serta pentingnya bagi kelangsungan makhluk hidup dunia.

Hari Hutan Hujan Sedunia dicetuskan pertama kali pada tahun 2017 oleh Rainforest Partnership. Dalam rangka memperingati pentingnya hutan hujan yang sehat dan berdiri untuk iklim, keanekaragaman hayati, budaya, dan mata pencaharian, juga mengadakan gerakan world untuk melindungi dan memulihkannya.

Pada tahun 2021 lalu, Hari Hutan Hujan Sedunia juga telah meluncurkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Global Hari Hutan Hujan Sedunia. Ini menyatukan orang-orang dan organisasi dari semua sektor untuk dialog dan pembangunan masyarakat dengan satu tujuan bersama: untuk memicu tindakan dan mendorong perlindungan hutan yang tangguh dan terpadu.

Hutan hujan merupakan paru-paru satellite dunia. Sebab telah menghasilkan pasokan oksigen dengan jumlah besar bagi dunia. Hutan hujan juga telah membantu mengurangi perubahan iklim dengan menyerap jumlah karbon dioksida yang ada di bumi. Maka dari itu, keberadaan hutan hujan sangatlah penting dan utama untuk senantiasa dijaga dan dilestarikan.

(wia/imk)

Sumber Detik News
Detik News