Super Mungil! Ini Tampilan Sendok Kayu Terkecil di Dunia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Rekor dunia yang diakui Guinness World Records selalu mencuri perhatian. Dari kategori alat makan, ada sendok kayu terkecil di dunia yang dibuat oleh seniman India. Begini penampakannya.

Sendok menjadi alat makan utama yang dipakai di banyak negara. Jenisnya beragam, termasuk yang berbahan kayu.

Sendok kayu disukai bukan hanya karena tampilannya estetik, melainkan juga karena sifatnya yang alami. Selain itu, sendok kayu punya keunggulan berupa permukaannya yang cukup lembut sehingga membuat alat masak atau makan tetap aman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ukuran sendok kayu pada umumnya seperti sendok makan biasa, tapi seorang seniman India membuat tampilan sendok kayu amat menakjubkan. Hal ini terlihat dari unggahan Instagram guinnessworldrecords (25/4/2024).

Super Mungil! Ini Penampakan Sendok Kayu Terkecil di DuniaProses pembuatan sendok kayu terkecil di dunia. Foto: Instagram guinnessworldrecords

Shashikant Prajapati memecahkan rekor sendok kayu terkecil di dunia. Ia berhasil membuat sendok kayu dalam panjang hanya 1.6 milimeter (0.06 inchi)!

Untuk mengesahkan rekor ini, sendok kayu itu haruslah replika sendok makan berbahan kayu pada umumnya. Karenanya sendok ini punya bagian pegangan sekaligus cekungan di ujungnya, meski ukurannya amat sangat kecil.

Sang kreator sendok kayu terkecil di dunia, Prajapati dikenal sebagai seniman karya seni mikro. Ia berhati-hati mengukir sebuah potongan kayu menjadi sendok kayu menggunakan pisau pahat dan alat operasi.

Menurut Guinness World Records, Prajapati menghabiskan banyak waktu untuk latihan menyempurnakan tekniknya dalam membuat sendok kayu terkecil di dunia ini. Ia bahkan sudah membuat lebih dari 10 versi sendok sebelum akhirnya berhasil menciptakan ukuran terkecil untuk rekor dunia, sekaligus memenuhi spesifikasi desain yang ditetapkan.

Super Mungil! Ini Penampakan Sendok Kayu Terkecil di DuniaSendok kayu terkecil di dunia ia merupakan replika sendok kayu sungguhan. Foto: Instagram guinnessworldrecords

"Sangat sulit membuat sendok dengan ukuran kurang dari 2 mm, tapi setelah banyak percobaan, saya berhasil," kata Prajapati pada Guinness World Records.

Melihat unggahan ini, banyak netizen memuji karya Prajapati. Mereka mengatakan sendok kayu terkecil di dunia ini luar biasa dan sangat bagus. Tak sedikit juga yang menantang Prajapati untuk membuat karya seni lain yang amat mungil.

Menariknya, pemegang rekor sebelumnya untuk pembuat sendok kayu terkecil di dunia juga orang India. Pada 2022, Navratan Prajapati Murtikar membuat sendok kecil dengan panjang 2 mm saja atau sekitar 0.07 inchi.

(adr/odi)

Sumber Detik Food
Detik Food