Starlink Masuk RI, Telkom Tak Khawatir Bakal Kalah Saing

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) mengaku tak takut bakal kalah saing dengan kehadiran Starlink, penyedia jasa internet berbasis satelit, di Tanah Air.

Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono menilai value alias tarif Starlink dan Telkom dalam perihal ini IndiHome berbeda cukup jauh. Oleh lantaran itu, tentu segmennya pun bakal berbeda.

"Untuk Starlink kelak dalam perihal ini tak cemas lantaran memang value-nya berbeda dengan seluler maupun IndiHome," katanya konvensi pers Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Jumat (3/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bogi menilai tarif dari Starlink cukup tinggi. Hal ini berbeda dengan jasa Telkom.

"Starlink dari segi nilai pun jika dilihat di website disparitasnya cukup lumayan. Sehingga ini value komposisinya berbeda," kata dia.

Belakangan, Starlink sudah mendapat semua izin operasi di Indonesia, termasuk lolos Uji Laik Operasi (ULO). Meskipun, perusahaan tetap bakal diuji kebenaran klaim kemampuannya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada pertengahan Mei.

Perusahaan besutan Elon Musk itu pun sudah memasang banderol nilai untuk layanan-layanan nan ditawarkan di situsnya.

Terdapat dua opsi paket jasa nan diberikan Starlink, ialah individual dan bisnis.

Masing-masing opsi terbagi menjadi tiga kategori paket, ialah residensial alias letak tetap, jelajah alias mobilitas darat, dan kapal alias mobilitas di laut.

Berikut nilai paket Starlink per bulan:

Personal
- Residensial: mulai Rp750 ribu
- Jelajah (nomad): mulai Rp990 ribu
- Kapal: mulai Rp4,345 juta

Bisnis
- Lokasi tetap: mulai dari Rp1,1 juta untuk 40GB
- Mobilitas darat: mulai dari Rp4,345 juta untuk 50GB
- Maritim: mulai dari Rp4,345 juta untuk 50GB

Sementara itu, tarif paket Telkomsel One, nan mencakup paket Orbit, IndiHome, Halo, hingga Telkomsel Prabayar terbilang lebih rendah.

Berikut rincian paket Telkomsel One:

Paket Easy Silver

Paket ini dibanderol Rp120 ribu. Isinya terdiri dari Kuota Orbit 25 GB, Kuota Keluarga 10 GB, Nelpon Sesama Member 50 ribu Menit, SMS Sesama Member 50 ribu kali.

Paket Dynamic Silver 1P

Paket ini punya tarif Rp888 ribu. Isinya terdiri dari Internet dengan kecepatan 300 MBpS, Kuota Keluarga 15 GB, Nelpon Sesama Operator 30 Menit, SMS Sesama Operator 30.

Paket ini menggratiskan biaya pemasangan.

Bagi nan doyan nonton, paket jenis ini sudah termasuk langganan aplikasi streaming video: MAXstream, Disney+ Hotstar, IndiHome TV; dan langganan IPTV: IndiHome TV Entry & IndiMovie 2 (Cinemax HD, HBO Family HD, HBO HD, HBO Hits HD, HBO Signature HD).

Dengan Kuota Internet pasti mencapai 40 GB, paket ini baru tersedia di 5 kota (Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar). Harga promonya bertindak hingga 31 Agustus 2023.

Paket Dynamic Gold 2P

Punya tarif Rp 1,499 juta, paket ini memberi untung berupa internet dengan kecepatan 1 GBpS, Kuota Keluarga 35 GB, Nelpon Sesama Operator 50 Menit, SMS Sesama Operator 50.

Seperti halnya paket Dynamic Silver, paket ini juga menggratiskan biaya pemasangan dan cuma-cuma langganan aplikasi streaming video dan IPTV.

Dengan Kuota Internet pasti nan mencapai 40 GB, paket ini juga baru tersedia di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar. Harga promonya pun hanya sampai 31 Agustus 2023.

Pelanggan bisa memilih paket nan dibutuhkan lewat GraPARI, call center 188 dan 147, situs www.telkomsel.com, dan Aplikasi MyTelkomsel.

(mrh/dmi)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnn indo
cnn indo