Siapakah Kandidat Presiden AS Tertua dalam Sejarah?

Sedang Trending 4 hari yang lalu

TEMPO.CO, JakartaSetiap kata nan diucapkannya, setiap langkah nan diambilnya, Presiden AS Joe Biden sekarang mendapat sorotan dari bumi nan cemas terhadapnya, mengawasi penampilannya nan goyah seperti debatnya pada bulan Juni nan memicu dorongan baru agar dia meninggalkan pencalonan presiden 2024.

Semua sepakat usia Biden nan sudah 81 tahun terlalu tua untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat. Namun, siapakah kandidat tertua dalam seratus tahun terakhir dalam sejarah Amerika Serikat?  

Rekor Biden

Salah satu perihal nan paling menarik dari Joe Biden nan lahir pada 20 November 1942, adalah dia sudah menjadi presiden tertua dalam sejarah AS. Rekor itu didapatnya saat dilantik empat tahun lalu, Waktu itu, dia berumur 78 tahun dan mengalahkan rekor Ronald Reagan nan dilantik sebagai Presiden AS saat berumur 69 tahun.

Rekor Biden bakal terpecahkan jika Donald Trump (14 Juni 1946), kandidat kuat Partai Republik sukses mengalahkannya November kelak dan meraih bangku presiden di usia 78 tahun. 

Hal ini membikin mereka berdua menjadi orang tertua nan mencalonkan diri sebagai presiden. Tapi siapa lagi nan berada di puncak daftar itu?

Pada pemilu 1924, Calvin Coolidge, seorang Republikan, mengalahkan Robert M. La Follette, seorang penduduk Wisconsin nan merupakan seorang Republikan sampai dia mendirikan Partai Progresif beberapa tahun sebelumnya. La Follette berumur 69 tahun ketika dia mencalonkan diri sebagai Presiden AS.

Dwight D. Eisenhower dari Partai Republik berumur 60 tahun saat mencalonkan diri sebagai presiden dan menang pada 1952. Beberapa dasawarsa kemudian, pada 1974, Presiden Gerald Ford dari Partai Republik, nan pernah menjabat sebagai wakil presiden Richard Nixon, berumur 61 tahun saat kalah dari Jimmy Carter dari Partai Demokrat.

Sebelum Biden, ada Ronald Reagan

Ronald Reagan berumur 69 tahun saat mencalonkan diri sebagai presiden untuk pertama kalinya pada tahun 1980, mengalahkan Jimmy Carter. Ia menjadi kandidat tertua nan mewakili partai besar dalam sejarah Amerika Serikat. Dia kemudian memegang rekor sebagai presiden AS tertua hingga Joe Biden.

George H.W. Bush, nan menjabat sebagai wakil presiden Reagan, berumur 66 tahun saat terpilih sebagai presiden. Senator Bob Dole dari Partai Republik berumur 73 tahun saat pemilihan umum 1996, namun dikalahkan oleh Presiden Bill Clinton.

Iklan

Pada abad ke-21, Senator John Kerry, nan berumur 61 tahun saat kalah dari petahana dari Partai Republik, merupakan penantang dari Partai Demokrat untuk Presiden George Bush pada tahun 2004.

John McCain berumur 72 tahun saat kalah dari Barack Obama pada 2008, Hillary Clinton berumur 69 tahun saat melawan Donald Trump pada 2016, dan Mitt Romney, nan melawan Barack Obama pada tahun 2012, berumur 65 tahun saat petahana dari Partai Demokrat itu mengalahkannya.

 

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Sumber Tempo
Tempo