Shin Tae-yong Cari Pemain Keturunan Lagi Usai Timnas Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Shin Tae-yong tak mau berlama-lama larut dalam euforia keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. Ia mengungkapkan bakal mencari pemain keturunan lagi untuk menambah kekuatan timnya.

"Memang jika ada pemain nan berdarah Indonesia dan performanya baik, pastinya bakal diajukan lagi," ujar dia dalam sesi bertemu pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Juni 2024.

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan atas Filipina dalam laga terakhir putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia, Selasa, 11 Juni. Duel nan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat itu berhujung dengan skor 2-0. Dua gol Skuad Garuda dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho menit ke-56.

Pasukan Merah Putih menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara nan bisa melenggang ke putaran ketiga. Negara-negara tetangga lain, seperti Malaysia dan Thailand hanya finis di urutan ketiga grupnya masing-masing meski pada laga terakhir sukses meraih kemenangan.

Dalam mempersiapkan tim menuju pertandingan putaran ketiga, lini serang menjadi aspek nan disorot Shin Tae-yong. Menurut dia, saat ini para penyerang nan ada di timnya tetap belum menunjukkan penampilan sesuai harapan.

Dari lima pertandingan terakhir, tercatat hanya Ragnar Oratmangoen nan sukses mencetak gol. Sementara penyerang lain, seperti Dimas Drajad dan Rafael Struick belum berkontribusi. Bahkan dalam laga terakhir melawan Filipina gol lahir dari gelandang dan bek.

Iklan

"Jujur saya tidak bisa memberi nilai baik kepada lini depan. Memang mereka kudu pertimbangan diri dengan baik. Saya bakal terus mencari pemain-pemain depan nan lain," tuturnya.

PSSI sendiri telah merampungkan naturalisasi Jens Raven nan berposisi sebagai penyerang. Pemain berumur 18 tahun itu saat ini sedang memperkuat Timnas U-20 Indonesia dalam arena Maurice Revello Tournament alias nan sebelumnya dikenal dengan nama Toulon Tournament.

Sebelumnya, satu nama penyerang keturunan lain, Ole Romeny sempat dikabarkan masuk dalam daftar naturalisasi PSSI. Pemain asal klub FC Utrecht itu mengaku sudah dihubungi oleh federasi, namun sampai saat ini belum ada berita lebih lanjut mengenai kejelasan proses perpindahan negaranya.

Pilihan Editor: Erick Thohir Ungkap Tantangan Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sumber Tempo
Tempo