Setelah Belanda Gagal ke Final Euro 2024, Virgil van Dijk Akan Memikirkan Masa Depannya di Liverpool dan Tim Nasional

Sedang Trending 3 hari yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Kapten timnas Belanda, Virgil van Dijk bakal memikirkan masa depannya di klub dan negaranya dalam beberapa pekan ke depan setelah tersingkir dari Euro 2024. De Oranje terhenti di semifinal setelah kalah menghadapi Inggris 1-2 pada Kamis dinihari WIB, 11 Juli 2024.

Dalam pertandingan nan berjalan di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Belanda unggul lebih dulu lewat Xavi Simons saat laga baru memasuki menit ketujuh. Tetapi kedudukan kembali seri setelah Harry Kane nan sebelumnya dilanggar di kotak oleh Denzel Dumfries, mencetak gol lewat tendangan penalti pada 11 menit kemudian.

Setelah dua gol itu, kedua tim kesulitan mencetak gol meski gencar dalam melakukan serangan hingga mendekati menit-menit akhir. Di pengujung pertandingan, tepatnya menit ke-90, gawang Belanda kebobolan. 

Dua pemain nan dimasukkan Gareth Southgate pada menit 80, Ollie Watkins dan Cole Palmer nan masuk menggantikan Kane dan Phil Foden, menjadi kunci kemenangan Inggris. Pada menit ke-90, Watkins menjebol gawang Belanda lewat tendangan dari dalam kotak, menyelesaikan umpan dari Palmer. Gol ini menjadi penentu kemenangan De Oranje. 

Van Dijk mengakui kekalahan dari Inggris di semifinal Piala Eropa 2024 ini sangat menyakitkan. Sebab, mereka kalah lantaran gol nan terjadi pada menit akhir, setelah dia dan rekan-rekannya berjuang untuk memenangi laga. 

“Sangat menyakitkan lantaran kami kebobolan gol di akhir pertandingan dan sekarang sudah tidak ada lagi. Anda mengerahkan segalanya, semua orang memberikan segalanya dan jika gol terjadi seperti itu di menit-menit terakhir, itu menyebalkan. Ya maaf," kata pemain berumur 33 tahun ini.

“Terutama di babak kedua, saya merasa hasil pertandingan bakal tidak menguntungkan kami. Tapi (Ollie) Watkins mungkin diberi terlalu banyak ruang dan dia menyelesaikannya dengan baik,” ucapnya berbincang mengenai gol nan dicetak pemain pengganti Inggris menjelang perpanjangan waktu.

Iklan

Setelah Belanda tersingkir dari turnamen kontinental ini, Van Dijk bakal memikirkan masa depannya baik di klub maupun tim nasional, dalam beberapa pekan ke depan. Dia telah bermain untuk negaranya selama sembilan tahun dengan 75 caps dan kontraknya di Liverpool tinggal tersisa satu musim. 

“Saya sama sekali tidak tahu apa-apa saat ini. Saya bakal berpikir hati-hati musim panas ini tentang apa nan saya inginkan di level klub dan sebagai pemain internasional. Kemudian kami bakal melakukannya lagi, tapi pulihkan dulu,” kata Van Dijk.

“Setelah musim seperti ini, di mana banyak perihal telah terjadi, pada akhirnya menjadi emosional lantaran Anda tahu ini sudah berakhir,” kata Van Dijk, nan merasa Belanda berada di posisi nan tepat untuk memenangkan semifinal di BVB Stadion.

Final Euro 2024 bakal menghadirkan pertarungan Spanyol nan sebelumnya mengalahkan Prancis, berduel dengan Inggris nan menyingkirkan Belanda. Laga perebutan gelar juara bakal berjalan di Olympiastadion Berlin pada Senin mulai 02.00 WIB, 15 Juli 2024.

REUTERS

Pilihan Editor: Final Euro 2024 Spanyol vs Inggris Bakal Dipimpin Francois Letexier nan Pernah Jadi Wasit Laga Timnas U-23 Indonesia

Sumber Tempo
Tempo