Sedih! Nenek 80 Tahun Ini Tiap Hari Jualan Ikan untuk Bertahan Hidup

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Meski sudah berusia 80 tahun tapi nenek asal Thailand ini masih harus menangkap ikan dan jualan ikan setiap hari. Agar ia bisa bertahan hidup dengan anaknya.

Memasuki usia senja seperti 80 tahun, kebanyak orang-orang sudah menikmati masa tua mereka dengan bersantai dan berdiam diri di rumah. Tapi tak semua orang memiliki keberuntungan untuk menikmati masa tua mereka dengan tenang.

Dilansir dari MustShareNews (02/05), baru-baru ini seorang pengguna TikTok @phamonphatbutton menunjukkan video seorang nenek berusia 80 tahun yang tengah menangkap ikan dan kerang di sungai.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Phanmo menceritakan bahwa ia tak sengaja bertemu nenek tersebut, saat itu ia sedang melakukan arung jeram bersama keluarganya dan melihat nenek itu tengah menangkap ikan di sungai.

Nenek asal Thailand tersebut rupanya setiap hari berjualan ikan dan kerang untuk bertahan hidup. Walau usianya sudah tidak muda lagi, tapi ia tidak memiliki pilihan selain menangkap ikan dan menjualnya di pasar.

Ia memiliki seorang anak yang berkebutuhan khusus dan tidak bisa membantunya bekerja. Sehingga jika nenek ini berhenti berjualan ikan, maka mereka berdua tidak bisa makan lagi.

Sedih! Nenek 80 Tahun Ini Tiap Hari Jualan Ikan untuk Bertahan HidupSedih! Nenek 80 Tahun Ini Tiap Hari Jualan Ikan untuk Bertahan Hidup Foto: Site News

Video yang menyentuh hati banyak netizen ini langsung viral. Dalam salah satu sesi wawancara dengan media lokal, nenek yang tak disebutkan namanya ini berasal dari Chaiyaphum yang ada di timut Thailand.

Sang nenek menjelaskan bahwa dia lah yang merawat dan mengurus putranya yang tak berdaya. Setiap harinya dia selalu ke sungai untuk menangkap ikan bahkan tiram untuk makanan mereka sehari-hari.

Selain itu nenek ini juga menjual ikan, kerang dan tiram hasil tangkapannya dengan harga yang murah yaitu ฿100 - ฿200 (Rp 43.800 - Rp 87.700).

Nenek tersebut menambahkan bahwa dia juga memiliki seorang putri yang sudah menikah dan bekerja di Bangkok. Putrinya sesekali mengunjunginya dan mengirimkan uang setahun sekali atau terkadang tidak sama sekali.

Sedih! Nenek 80 Tahun Ini Tiap Hari Jualan Ikan untuk Bertahan HidupSedih! Nenek 80 Tahun Ini Tiap Hari Jualan Ikan untuk Bertahan Hidup Foto: Site News

Karena tidak ingin membebani putrinya, ia mulai mencari ikan sebagai sumber pendapatan alternatif untuk bertahan hidup.

Banyak netizen di Thailand yang simpati dan berbondong-bondong menggalang donasi untuk membantu nenek tersebut. Bahkan videonya menangkap dan berjualan ikan ini sudah ditonton lebih dari tiga juta kali.

Usai kisahnya viral, nenek ini mendapatkan banyak bantuan dari netizen sekaligus dari orang-orang yang tinggal di sekitarnya. Banyak juga netizen yang mendoakan agar nenek ini tetap sehat dan kuat untuk mengurus anaknya.

Simak Video "Cicipi Hidangan Thailand di Pasar Tradisional Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Sumber Detik Food
Detik Food