Saudi Arabia Keuarkan Peringatan Suhu Panas Musim Haji, Ini Langkah Cegah Dampak Buruknya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Arab Saudi telah mengeluarkan peringatan tentang suhu panas di Makkah dan Madinah di tengah musim haji. Pusat Meteorologi Nasional Saudi memperkirakan suhu tertinggi rata-rata 44 derajat Celcius. Ini menandai peningkatan 1,5 derajat Celcius hingga 2 derajat Celcius dibandingkan suhu sebelumnya pada periode ini.

Adapun suhu puncak  terjadi pada sore hari nan diperkirakan mencapai 48 derajat Celcius, dengan kelembapan relatif tetap sekitar 25 persen. Meskipun kemungkinan terjadinya curah hujan rendah, kemungkinan 60 persen bakal terjadi curah hujan nan signifikan diperkirakan terjadi di wilayah dataran tinggi Taif, nan diperkirakan dapat mempengaruhi situs-situs suci.

Langkah Mencegah Dampak Ekstrem Suhu Panas

Pihak berkuasa Arab Saudi nan bertanggung jawab atas ibadah haji menyediakan tenda ber-AC dan kabut pendingin untuk menjaga agar jamaah tetap sejuk, terutama orang lanjut usia dan mereka nan mempunyai kondisi medis tertentu. Selain itu, pihak berkuasa menekankan perlunya konsumsi air nan cukup agar tetap terhidrasi selama haji dan transportasi berpendingin untuk makanan guna memastikan kesegarannya. 

Mereka juga memperluas akomodasi medis di beragam letak haji, menyediakan lebih banyak tempat bagi jamaah untuk beristirahat, dan meningkatkan transportasi dan logistik untuk mengakomodasi kebutuhan jamaah.

Para pemimpin dan khatib Dua Masjid Suci telah diarahkan untuk mempersingkat khotbah dan salat Jumat selama musim haji mengingat cuaca panas ekstrem yang dihadapi jamaah haji tahun ini.

Syekh Abdulrahman Al-Sudais, kepala Kepresidenan Urusan Agama di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, mengatakan pengarahan tersebut bermaksud untuk menjamin keselamatan jamaah di mataf, atap, dan laman masjid.

Pengalaman 2023

Iklan

Pada 2023, suhu di Makkah berkisar antara 43-45 derajat Celcius selama ibadah haji. Lebih dari 1,8 juta orang ikut serta dalam ibadah haji, dengan lebih dari 2.000 kasus terkena heat stress dan masalah kesehatan mengenai cuaca panas. Kebanyakan masalah kesehatan ini dialami lansia, nan rentan terhadap masalah mengenai panas seperti heat stroke dan dehidrasi.

Ibadah haji nan dijadwalkan dimulai pada 14 Juni 2024 ini merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Perjalanan tersebut meliputi kunjungan ke Makkah dan Madinah, serta beberapa ritual nan kudu diselesaikan selama empat hari. Sebagian besar ritual ini dilakukan di luar ruangan. 

TRAVEL + LEISURE | ARAB NEWS

Pilihan Editor: Cuaca Panas Ekstrem Sebabkan Heat Stroke, Ini nan Perlu Diwaspadai

Sumber Tempo
Tempo