Sandiaga Uno Masuk Bursa Pilgub Jabar, Golkar Tak Khawatir Ridwan Kamil Tersaingi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, JakartaKetua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily, mengaku tidak cemas Ridwan Kamil bakal tersaingi oleh Sandiaga Uno nan namanya muncul dalam bursa bakal calon gubernur dalam pemilihan gubernur Jawa Barat alias Pilgub Jabar 2024.

Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI itu optimistis elektabilitas laki-laki nan berkawan disapa RK alias Kang Emil itu tetap tinggi pada sejumlah survei. Selain itu, kata dia, survei tingkat kepuasan masyarakat Jabar atas pemerintahan RK sebagai gubernur periode 2018-2023 tetap tinggi.

 "Ya kami tetap optimistis dari beberapa survei nan kita lakukan, termasuk survei nan dipublikasikan oleh Indikator Politik Indonesia," kata Ace saat ditemui di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu, 10 Juli 2024 seperti dikutip Antara.

Meski begitu, dia belum membuka kemungkinan mengenai pemasangan Ridwan dengan Sandiaga Uno di Pilgub Jabar. Menurut dia, perihal itu bakal diputuskan oleh ketua pusat Partai Golkar.

Dia menuturkan Partai Golkar sejauh ini tetap menunggu survei internal kedua atas elektabilitas Ridwan. Adapun survei internal kedua itu disebut bakal jadi penentuan bagi Ridwan untuk maju di Pilgub Jabar alias Pilgub Jakarta.

Sejauh ini, Ridwan telah diberi rekomendasi oleh Partai Golkar nan menaunginya untuk maju pada Pilgub Jabar dan Pilgub Jakarta. Namun beberapa partai lain mendorong agar Ridwan maju di Jakarta di saat Partai Golkar memberi sinyal agar RK kembali memimpin Jabar.

PKB Usulkan Sandiaga di Pilgub Jabar

Sebelumnya, PKB mempertimbangkan mengusung Sandiaga sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jabar. Sandiaga bakal bersaing dengan kader-kader internal PKB seperti Cucun Ahmad Syamsurijal dan Syaiful Huda nan juga berkesempatan diusung.

"Aspirasi dari sebagian masyarakat Jawa Barat dan beberapa kader PKB untuk membujuk Pak Sandiaga Uno menjadi calon gubernur Jawa Barat," kata Jazilul di instansi DPP PKB, Jakarta Pusat pada Selasa malam, 2 Juli 2024.

Jazilul menyebut argumen mempertimbangkan nama Sandiaga lantaran ibu Menteri Pariwisata itu berasal dari Jabar. Selain itu, Sandiaga diklaim cukup terkenal lantaran anak muda di Jabar dinamis. Jazilul menilai Sandiaga cukup gesit jika dibandingkan dengan calon lain. Namun dia mengatakan perihal itu perlu dijajaki lebih jauh lantaran pilkada ini mempunyai kerumitan sendiri.

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Sumber Tempo
Tempo