Saaih Halilintar Dikecam Pecinta Burung Usai Bikin Konten TikTok Lepaskan Lovebird ke Alam Liar

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta -- Saaih Halilintar, adik dari Atta Halilintar, kembali mencuri perhatian publik usai unggahan TikTok-nya memicu kritikan dari warganet dan para pecinta burung. Dalam video tersebut, Saaih terlihat sedang jogging di sepanjang jalan sebelum berakhir di depan sebuah toko burung. Merasa iba memandang burung-burung nan dijual, dia memutuskan membeli seekor lovebird dengan bulu kombinasi warna kuning, hijau, orange, dan merah.

Anak keenam dari pasangan Lenggogeni Faruk dan Anofial Asmid ini kemudian mengeluarkan duit sebesar Rp 50 ribu untuk membeli burung tersebut. Setelah transaksi selesai, Saaih menggenggam burung itu di tangannya, lampau langsung melepaskannya ke udara.

Burung lovebird itu terbang sesaat sebelum lenyap dari pandangan, sementara penjual burung hanya bisa memandang dengan heran tindakan nan dilakukan Saaih. Selesai dengan aksinya, Saaih melanjutkan jogging nan sempat tertunda.

Aksi Saaih Halilintar Banjir Kecaman

Video berdurasi 23 detik nan diunggah di akun TikTok @saaihalilintar pada Senin, 8 Juli 2024, itu ditulis Saaih dengan keterangan, "Maaf ya bang," dan diiringi oleh lagu 'In The Name of Love' dari Bebe Rexha. Alih-alih mendapatkan pujian, tindakan Saaih justru menuai kritik tajam dari warganet.

Banyak pengguna media sosial nan menilai tindakan Saaih tidak bijak. Menurut mereka, lovebird adalah jenis burung hias nan biasanya dipelihara dalam kandang dan tidak cocok untuk dilepaskan ke alam bebas. Burung lovebird nan telah lama hidup dalam sangkar tidak mempunyai keahlian untuk mencari makanan sendiri di alam liar, sehingga berpotensi mengalami kelaparan dan malnutrisi.

Sejumlah komentar warganet di antaranya yakni, “Burung lovebird kalau dilepas malah kemungkinan bisa meninggal lantaran dia nggak bisa cari makan sendiri," tulis seorang warganet. "Maksudnya, itu burung memang hasil penangkaran bukan burung liar, jadi jika langsung liar gitu burungnya sulit buat survive (bertahan hidup), lantaran dari menetas sudah terbiasa diberi makan oleh manusia,” tambah warganet nan lain.

Iklan

Komentar warganet lainnya juga mengungkapkan perihal serupa, "Itu burung udah lama di sangkar, jika dilepas nggak bisa apa-apa, kudu dibiasakan dengan lingkungan alam nan luas dulu." Ada pula komentar seperti “Burung lovebird di Indonesia itu hasil ternak semua, jadi sudah terbiasa dikasih makan, bukan mencari makan.”

Saaih Halilintar hingga saat ini belum memberikan tanggapan atas beragam kritik nan dilontarkan kepadanya. Aksinya nan semula dimaksudkan sebagai corak kepedulian terhadap burung malah berujung pada kontroversi dan kecaman dari banyak pihak.

TIKTOK

Pilihan Editor: Saaih Halilintar Dikecam, Jadikan Bunuh Diri Konten Youtube

Sumber Tempo
Tempo