Rencana Jalan Braga Bandung Bebas Kendaraan saat Akhir Pekan Dibayangi Masalah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Kota Bandung pada akhir pekan ini berencana melakukan uji coba Jalan Braga tanpa kendaraan (Braga Free Vehicle) agar visitor alias visitor bisa nyaman dan leluasa pelesir di jalan legendaris itu. Waktu bebas dari kendaraan bakal dimulai pukul 00.00 Sabtu 4 Mei hingga Ahad, 5 Mei 2024 pukul 23.59 WIB. 

Dari pantauan Tempo di letak pada Jumat sore, 3 Mei 2024, info tertulis soal Braga Free Vehicle nihil terpasang. Beberapa petugas Satuan Polisi Pamong Praja nan bekerja di bagian tengah dan ujung Jalan Braga nan berpotongan dengan Jalan Naripan, mengakui ketiadaan info tersebut. Mereka membenarkan rencana penutupan jalan untuk kendaraan di Jalan Braga namun tidak tahu persis waktunya.

Informasi dari Juru Parkir

Sementara di kalangan ahli parkir, mereka mengaku telah mendapat info dan sosialisasi dari Dinas Perhubungan Kota Bandung beberapa hari lalu. Seorang ahli parkir nan berpakaian resmi berwarna jingga, Teten Rohendi mengatakan, Jalan Braga tidak bisa dimasuki kendaraan mulai Sabtu awal hari, 4 Mei 2024 pukul 00.00 hingga Ahad tengah malam.

“Khusus buat pejalan kaki, kelak Senin pagi sudah dibuka lagi untuk kendaraan,” katanya, Jumat, 3 Mei 2024.

Teten dan seorang ahli parkir lainnya mengatakan, Jalan Braga tanpa kendaraan bakal mengurangi pendapatan mereka. Padahal kata mereka, hanya di akhir pekan mereka bisa memperoleh penghasilan terbanyak setelah sebagian duit parkir disetorkan ke lembaga terkait. “Sabtu dan Minggu jadi andalan, kadang Rp 150 ribu per hari kadang lebih,” ujar Teten. 

Tempat kerja ahli parkir di sepanjang Jalan Braga bakal bergeser ke letak parkir lain selama Braga Free Vehicle berlangsung. Selain itu menurut Teten, para tenaga kerja dan kendaraan nan biasa mengirim peralatan ke toko diduga bakal kesulitan. 

Ingin tarik visitor ke Bandung

Menurut Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, uji coba Braga Free Vehicle bakal dilaksanakan mulai Sabtu-Minggu, 4-5 Mei 2024. Khusus untuk penunggu di Jalan Braga ialah penduduk ataupun pelaku upaya bakal mendapatkan keringanan.

Iklan

“Tujuan pemerintah nan sejalan dengan pelaku upaya mau menarik sebanyak-banyaknya visitor ke Kota Bandung,” kata dia di laman pemerintah Kota Bandung, Jumat 3 Mei 2024.

Selain itu, pihaknya mau menghidupkan kembali Jalan Braga nan menjadi ikon Kota Bandung.

“Mungkin ini juga merupakan keresahan bersama. Braga ini kok makin hari terasa tidak nyaman, oleh karenanya mari kita kembalikan legenda Braga,” kata Bambang. Program Braga Free Vehicle ini rencananya bakal terus dievaluasi hingga sempurna. 

ANWAR SISWADI

Pilihan Editor: Bangunan Heritage di Jalan Braga Bandung Bakal Dicat Bersama

Sumber Tempo
Tempo