Ratusan Mahasiswa Universitas Indonesia Gelar Aksi Simbolik UI Palestine Solidarity Camp

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Ratusan mahasiwa Universitas Indonesia menggelar tindakan simbolik UI Palestine Solidarity Camp sebagai corak support terhadap penduduk Palestina nan dijajah Zionis Israel di Lapangan Rotunda, Kampus Depok, Jumat, 3 Mei 2024.

Ketua Umum Salam UI Dhani Nur Widianto mengungkapkan agenda hari ini adalah tindakan kemanusiaan corak solidaritas mahasiswa UI. "Terhadap saudara-saudara kita di Palestina, juga terhadap saudara-saudara kita mahasiswa-mahasiswi di Amerika Serikat," kata Dhani.

Terhadap penduduk Palestina, lanjut Dhani, sebagai sesama manusia tentu kudu memihak kewenangan untuk terus hidup dan kewenangan bebas dari penjajahan.

"Kepada mahasiswa-mahasiswi di Amerika Serikat itu untuk menyerukan kewenangan kebebasan berpendapat, lantaran katanya di negara nan paling menyerukan kebebasan berpendapat, justru ketika mahasiswanya menyerukan kebebesan beranggapan malah diberikan perlakuan nan represif," ucap Dhani.

Lantaran mempunyai titik kait nan sama, ialah sebagai sesama manusia dan mahasiswa, sehingga sebagai penduduk negara Indonesia kudu terus memberikan support dan mengawal sikap pemerintah

"Agar konsisten, jangan sampai berbelok, lantaran sesuai petunjuk konstitusi kita bahwa Indonesia menjunjung tinggi perdamaian sehingga menjadi bagian untuk mewujudkan perdamaian dunia," tutur Dhani.

Iklan

Pria berkacamata ini menerangkan bahwa ini adalah tindakan simbolik, sehingga membawa sejumlah atribut hingga tenda untuk berkemah sebagai corak dunia campaign.

"Tujuannya agar merangkul semua mahasiswa nan mau menyuarakan kebebasan berpendapat, agar tidak terlihat ekslusif dan inklusif," terang Dhani.

Ditanya bakal ada tindakan lebih besar untuk Palestina, Dhani menegaskan bahwa kali ini bukan akhir, tetapi bagian awal untuk tindakan besar.

"Harapan kita tentu ketika UI bergerak, kampus-kampus bergerak, kemudian menjadi rumor nasional, kita bisa turun tindakan nasional, mahasiswa UI ada di sana untuk memimpin dan menyuarakan lebih keras lagi," ucap Dhani.

Pilihan Editor: Bendesa Adat Diduga Peras Pengusaha Rp 10 Miliar, Seperti Apa Perannya dalam Izin Investasi di Bali?

Sumber Tempo
Tempo