Ragam Tanggapan atas Rencana Prabowo Bentuk Presidential Club

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, JakartaJuru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyebut kemauan Prabowo untuk rutin berjumpa dengan para mantan presiden Republik Indonesia. Dahnil menuturkan pertemuan-pertemuan itu nantinya bisa disebut sebagai presidential club alias klub kepresidenan.

Dia mengatakan, melalui pertemuan-pertemuan itu, Prabowo mau menjaga silaturahmi kebangsaan dan menjadi teladan. Menurut Dahnil, presiden dan mantan presiden Indonesia nan tetap ada bisa berasosiasi dalam klub itu seperti presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Presiden ke-7 Joko Widodo alias Jokowi.

Dahnil menyatakan kemauan itu adalah angan Prabowo agar para pemimpin bangsa bisa kompak dan rukun. Rencana Prabowo tersebut mendapat respons dari beragam kalangan. Berikut ini tanggapan mereka.

1. Presiden Jokowi: Digelar Dua Hari Sekali

Presiden Jokowi menginginkan pertemuan rutin mantan presiden RI dalam presidential club dapat digelar setiap dua hari sekali. Jokowi menanggapi positif rencana Prabowo nan hendak membentuk presidential club nan beranggotakan mantan Presiden RI nan tetap hidup.

“Bagus, bagus, bagus," kata Presiden Jokowi saat ditemui usai meninjau pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 3 April.

Saat ditanya lebih jauh soal pertemuan presidential club, Jokowi mengaku pertemuan itu dapat digelar rutin setiap dua hari sekali.

“Ya, dua hari sekali ya gak apa apa," kata Presiden Jokowi.

2. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana: Semua Mantan Presiden Sangat Penting Bersilaturahmi

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menanggapi wacana pembentukan presidential club nan berisi presiden dan para mantan presiden RI. Menurut Ari, para presiden dan mantan presiden tetap kudu berasosiasi baik dalam situasi apa pun.

“Ada alias tidak adanya presidential club, presiden dan semua mantan presiden sangat krusial untuk bersilaturahmi,” kata Ari pada Jumat, 3 Mei 2024 seperti dikutip Antara.

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Sumber Tempo
Tempo