Presiden Terpilih Iran Yakin Palestina Akan Menang Lawan Israel

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta -Presiden terpilih Iran Masoud Pezeshkian meyakinkan bangsa Palestina dan sekutu-sekutunya dalam Poros Perlawanan bakal support penuh pemerintah Iran selanjutnya dalam melawan serangan Israel.

Pada Rabu, 10 Juli 2024, dia mengirim pesan kepada petinggi Hamas Ismail Haniyeh untuk mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat darinya setelah dia memenangkan pemilu Iran.

Pezeshkian, seorang politikus reformis nan mewakili Tabriz di parlemen sekaligus mantan menteri kesehatan dan mahir bedah jantung, memenangkan pemilu presiden putaran kedua Iran pada 5 Juli lampau dengan perolehan 53,66 persen suara.

Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa Palestina bakal menang melawan Israel, mengingat perlawanan nan ditunjukkan oleh rakyat Palestina khususnya Gaza, serta upaya “heroik” nan dilakukan oleh para pejuang kelompok-kelompok Palestina.

“Saya yakin, di bawah naungan rakyat Palestina nan menentang dan ketabahan berhistoris Gaza nan tertindas dan kuat, serta ketekunan heroik para pejuang perlawanan Palestina dalam perang nan sedang berlangsung, kemenangan dan kemenangan ilahi bakal diberikan kepada Palestina tercinta,” tulis Pezeshkian, seperti dikutip Press TV Iran.

Serangan Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 38.345 orang dan melukai 88.295 orang lainnya sejak Oktober 2023, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. Lebih dari sebagian populasi Gaza telah menjadi pengungsi internal, dan mereka menghadapi musibah kelaparan di tengah sulitnya akses support kemanusiaan.

Kampanye militer itu dilakukan setelah Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober 2023, menewaskan 1.139 orang dan menahan lebih dari 250 orang lainnya, menurut penghitungan Al Jazeera berdasarkan nomor resmi Israel.

Iklan

Israel telah menduduki wilayah Palestina, termasuk Gaza nan diperintah oleh Hamas dan Tepi Barat nan diperintah oleh Otoritas Palestina (PA), sejak 1967. Kedua wilayah tersebut sebelumnya berada di bawah kuasa Yordania.

Dalam suratnya, Pezeshkian menjanjikan “dukungan penuh” Iran untuk bangsa Palestina “sampai semua cita-cita dan hak-haknya terwujud serta pembebasan kota mulia al-Quds” dari pendudukan Israel.

Dukungan tersebut, katanya, sejalan dengan “tujuan luhur” Revolusi Islam dan sesuai dengan cita-cita almarhum pendiri Republik Islam Iran Ruhollah Khomeini serta pengarahan Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei.

Pilihan Editor: Presiden Iran Terpilih Tegaskan Tetap Dukung Hizbullah

PRESS TV IRAN | TASNIM

Sumber Tempo
Tempo