Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Sedang dan Lebat Mendominasi, Waspada Gelombang Tinggi dan Banjir Rob

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan awal hujan dengan intensitas sedang hingga lebat untuk sejumlah wilayah di Indonesia pada Rabu, 12 Juni 2024, ialah di Bangka Belitung, Banten, Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Papua.

Peringatan nan sama juga diberikan kepada Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatra Utara, sebagaimana dikutip Antara.

BMKG juga memperingatkan akibat hujan lebat di Aceh, Lampung, dan Maluku Utara. Sedangkan di Bengkulu dan Sumatra Selatan diperkirakan hujan sedang hingga ringan. Sementara di Jawa Barat dan Kalimantan Barat diperkirakan hujan berpetir. Kemudian  Nusa Tenggara Timur diperkirakan ada angin kencang.

Sirkulasi siklonik berada di Laut Sulu dan di Samudra Pasifik Utara Papua, nan membentuk wilayah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin alias konvergensi di sekitar Laut Sulu dan Samudra Pasifik Utara Papua Barat hingga Papua Barat Daya.

“Kondisi tersebut bisa meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang wilayah konvergensi tersebut,” ujar prakirawan BMKG Syndhy Indah Pratiwi.

Intrusi udara kering dari bagian bumi selatan melintasi wilayah Papua Selatan, Laut Arafura, Maluku bagian selatan dan Nusa Tenggara  Timur bagian timur. Kondisi ini bisa mengangkat uap air basah di depan pemisah instrusi menjadi lebih hangat dan lembab, ialah di wilayah Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Iklan

Adanya peningkatan kecepatan angin sehingga mencapai lebih dari 25 knot terpantau di Laut Andaman, kemudian di Samudra Hindia Barat Daya Banten dan di Australia bagian utara nan bisa meningkatkan tinggi gelombang di wilayah perairan sekitar wilayah tersebut.

Suhu udara di wilayah Indonesia umumnya berkisar 19 hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban berkisar 40-100 persen. Sementara tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia secara umum berkisar 0,5-2,5 meter.

Waspadai gelombang tinggi 2,5-4 meter di perairan barat Mentawai hingga Lampung, di Samudra Hindia barat, di Selat Sunda bagian barat dan selatan dan di Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur.

“Juga waspadai adanya potensi banjir rob pada besok hari di pesisir utara Jawa Tengah,” uja Syndhy.

Pilihan Editor: Amankah Mengisi Baterai Ponsel hingga 100 Persen? Ini Penjelasannya

Sumber Tempo
Tempo