Prakiraan Cuaca BMKG: Cuaca Jakarta Waspada Potensi Hujan Disertai Petir

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), melalui kanal prakiraan cuaca di website resmi lembaga, mengeluarkan peringatan awal potensi hujan disertai kilat alias petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Sabtu sore, 4 Mei 2024. Kondisi serupa juga berpotensi terjadi pada Sabtu awal hari di wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. 

Secara umum, BMKG memperkirakan, cuaca Jakarta pada Sabtu pagi ini cerah berawan. Hujan ringan diperkirakan mengguyur wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang, sekitar 13.00 WIB dan 16.00 WIB. Hujan diperkirakan kembali turun pada awal hari di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. 

Sementara itu, suhu udara Jakarta hari ini diperkirakan berada di kisaran 24-32 derajat Celcius, dengan kelembapan 70-95 persen.

Potensi Hujan di Wilayah Lainnya

Merujuk ikhtisar cuaca harian BMKG nan dirilis pada Jumat, 3 Mei 2024, sejumlah wilayah juga berstatus waspada potensi hujan lebat dengan curah hujan lebih dari 50 milimeter per hari. Daerah tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera  Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Iklan

Adapun hujan disertai kilat alias petir juga berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, dan Jawa Barat. Waspada potensi serupa juga disematkan di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Malulu Utara, dan Papua Barat. 

BMKG menyatakan, secara umum, curah hujan pada 3-5 Mei 2024 berpotensi menyebabkan bencana hidrometeorologi. Wilayahnya mencakup Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung,  Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi   Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku  Utara, Maluku, Papua Barat,  Papua Barat Daya, Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. 

Sumber Tempo
Tempo