Piala Asia U-23 2024 Tuntas: Simak Tim Juara, Top Skor, Pemain Terbaik, dan Kiper Terbaik

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Piala Asia U-23 2024 nan berjalan di Qatar sudah usai digelar. Laga final berjalan Jumat, 2 Mei 2024, mempertemukan Timnas Jepang U-23 dan Irak.

Simak rangkuman hasilnya:

Juara: Timnas Jepang U-23 

Timnas Jepang U-23 sukses menjuarai Piala Asia U-23 2024. Mereka mengalahkan Uzbekistan 1-0 dalam pertandingan final di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Jumat, 2 Mei 2024. Kemenangan mereka dipastikan oleh gol dari Fuki Yamada pada waktu tambahan babak kedua.

Ini merupakan gelar kedua Jepang pada arena Piala Asia U-23. Sebelumnya bisa menjuarai arena tersebut pada tahun 2016 dengan mengalahkan Korea Selatan di partai final.

Kini Jepang menjadi tim nan paling sering juara di arena golongan umur ini. Uzbekistan, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Irak sama-sama baru meraih satu gelar juara.

Pada jenis 2024 ini, Timnas Indonesia U-23 menjadi debutan. Tim didikan Shin Tae-yong ini kalah di semifinal, oleh Uzbekistan. Mereka juga kalah dari Irak dalam perebutan posisi ketiga.

Top Skor: Ali Jasim (Irak)

Pemain Timnas Irak U-23, Ali Jasim, muncul sebagai top skor. Ia mencetak gol saat Irak mengalahkan Indonesia dengan skor 2-1 dalam perebutan posisi ketiga, 2 Mei.

Iklan

Ali Jasim total mencetak 4 gol, unggul satu gol dari empat pemain lain, termasuk Abdullah Radif (Arab Saudi), Aiman Yahya (Arab Saudi), Lee Young-jun (Korea), dan Khusayin Norchaev (Uzbekistan).

Pemain Terbaik: Joel Chima Fujita (Jepang)

Kapten Jepang, Joel Chima Fujita, terpilih menjadi pemain terbaik. Gelandang bertahan, nan bermain di klub Belgia Sint-Truiden, tampil inspiratif saat Jepang merebut gelar keduanya.

Kiper Terbaik: Abduvakhid Nematov (Uzbekistan)

Pemain Uzbekistan, Abduvakhid Nematov, dinobatkan sebagai Kiper Terbaik Piala Asia U-23 2024. Penjaga gawang berumur 23 tahun itu mencatatkan clean sheet dalam empat dari lima pertandingan nan dia ikuti.

Nematov, nan bermain sepak bola di FC Nasaf, memainkan peran krusial di babak sistem gugur, dengan Uzbekistan mengalahkan juara memperkuat Arab Saudi di perempat final. Nematov kembali tampil solid di semifinal, saat Uzbekistan mengalahkan tantangan Indonesia. Namun, dia kandas membawa timnya juara, lantaran kalah dari Jepang.

AFC

Pilihan Editor: Shin Tae-yong Bicara Peluang Panggil Elkan Baggott untuk Laga Timnas U-23 Indonesia vs Guinea

Sumber Tempo
Tempo