Peserta Sakit DBD Sebelum UTBK, Ini Kata Panitia di UNJ

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah pesan WA diterima Upit pada Jumat malam, 3 Mei 2024. Pesan itu berisi berita anak temannya Upit kudu dirawat lantaran didiagnosis Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Masalahnya, anak temannya Upit, kudu mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2024 alias UTBK SNBT pada Ahad, 5 Mei 2024. Anak Upit juga mengikuti UTBK di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rawamangun pada Sabtu, 4 Mei 2024 di UNJ. Karena itu, Upit dimintai tolong bertanya ke Panitia UTBK-SNBT UNJ. 

"Saya dimintai tolong apakah bisa anak kawan saya melakukan tes ulang lantaran master tak beri izin untuk ikut tes. Mungkin anaknya lagi di fase kritis DBD," kata Upit saat ditemui di laman Gedung Dewi Sartika, UNJ, Jakarta Timur, Sabtu.

Sembari menemani anaknya tes UTBK sesi pertama, Upit mencari panitia untuk mencari informasi. Upit mengaku panitia tidak bisa melakukan apa-apa lantaran bukan kewenangannya. "Katanya bukan kewenangan panitia di UNJ," kata dia. 

Sekertaris Pusat UTBK UNJ, Agung Premono, mengatakan, panitia UNJ tidak bisa menerima permohonan untuk mengganti agenda itu. Namun, panitia UNJ bisa memfasilitasi untuk membikin surat permohonan kepada panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pusat. Tujuannya meminta tes ulang untuk anak tersebut.

"Sebetulnya tidak bisa. Tapi prinsip kami di Pusat UTBK. Ketika ada surat resmi dokter, kami buat permohonan kepada panitia nasional," kata Agung di UNJ, Sabtu.

Iklan

Menurut Agung, panitia UNJ berupaya membantu keadaan peserta. Apalagi, peserta kemungkinan tetap bisa melaksanakan agenda ulang lantaran ada sesi kedua. 

"Maka kami pesan kepada peserta menjaga kesehatan. Jangan sampai lantaran saking serius belajar malah sakit," kata Agung. 

Adapun UTBK SNBT 2024 nan dilaksanakan di Pusat UTBK UNJ berjalan dalam dua gelombang ialah gelombang I: 30 April, 2 Mei, 3 Mei, 4 Mei, 5 Mei, 6 Mei, 7 Mei 2024 dan gelombang II: 14 s.d 20 Mei 2024. 

UNJ melaporkan total peserta nan mengikuti UTBK–SNBT 2024 di Pusat UTBK UNJ sebanyak 30.364 orang nan terbagi atas 132 sesi dimana setiap hari dilakukan ujian sebanyak 2 sesi. 

Pilihan Editor: UTBK di UNJ: Dua Peserta Pingsan, Diduga lantaran Stres

Sumber Tempo
Tempo