Pertamina Group Dukung Keberlanjutan Air Bersih di WWF 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

INFO NASIONAL – Pertamina Group memaparkan sejumlah upaya untuk menjaga keberlangsungan air bersih di World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina mempunyai visi untuk mengurangi konsumsi air dan mengurangi kandungan limbah, guna menjaga konservasi air.

Forum WWF menjadi momen bagi Pertamina untuk saling berbagi dengan beragam pihak mengenai langkah nan sudah dilakukan perusahaan, sebagai upaya memperkuat komitmen menjaga konservasi air.

"Pertamina berperan-serta secara langsung di arena ini, membuktikan bahwa peran Pertamina dalam menjaga kualitas air dan pelestarian air sudah sejalan dengan program global," jelasnya.

Subholding Pertamina juga turut andil dalam upaya menjaga keberlangsungan air bersih, seperti subholding Integrated Marine Logistics. Subholding ini mempunyai beragam program kemaritiman seperti program perlindungan ekosistem laut, konservasi air tanah, literasi kelautan berjudul "BerSEAnergi untuk Laut", hingga konservasi hewan laut. Sementara, subholding pengolahan dan petrokimia mempunyai sistem pemantauan kualitas air limbah untuk memastikan pengelolaan air dengan kualitas baik bagi lingkungan.

Selain itu, subholding Pertamina New and Renewable Energy juga mempunyai program pengelolaan lingkungan berbasis masyarakat, serta program konservasi air bersih ialah Reksa Embung. Subholding upstream juga mempunyai program peningkatan kualitas lingkungan dengan metode Rig to Reef pada anjungan migas. Program ini mengubah anjungan minyak lepas pantai menjadi terumbu buatan, sehingga mengembalikan kediaman ikan dan memberi faedah bagi ekosistem laut.

Subholding gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk mempunyai kepedulian serupa dengan membangun sarana akomodasi air bersih untuk masyarakat di Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur. Program ini mendukung upaya pemerintah dalam mengakses air bersih dan menciptakan lingkungan sanitasi nan layak dan sehat.

Iklan

Adapun sebagai bukti support untuk kelancaran penyelenggaran WWF ke-10, subholding Commercial & Trading Pertamina Patra Niaga memastikan kesiapan daya untuk kebutuhan peserta. Selain Avtur, kebutuhan BBM dan LPG selama arena WWF ke-10 menjadi jasa nan diprioritaskan oleh Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus.

Dari sisi kesehatan, PT Pertamina Bina Medika - Indonesia Healthcare Corporation (IHC) mengambil peran strategis sebagai koordinator jasa tim medis untuk tamu VVIP. IHC menyiapkan 30 tenaga medis serta 7 unit ambulan nan dilengkapi dengan peralatan Mini ICU.

PT Pelita Air sebagai maskapai penerbangan dengan rute Bali, juga mempersiapkan armada dan jasa terbaiknya untuk kemudahan transportasi para peserta WWF.

"Pertamina Group all out dalam menjalankan perannya baik dalam mendukung penyelenggaraan aktivitas WWF, maupun menjaga keberlanjutan air dalam beragam lini bisnisnya serta menggandeng masyarakat untuk terlibat aktif mengelola air secara bijak," jelas Fadjar.

Adapun WWF adalah pertemuan internasional terbesar di sektor air nan melibatkan perwakilan banyak negara. Forum ini menjadi arena kolaborasi, obrolan dan merancang kemajuan jangka panjang dalam mengatasi tantangan air global. (*)

Sumber Tempo
Tempo