Pelaksanaan UTBK SNBT di UNJ Sempat Alami Putus Koneksi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Sekretaris Pusat UTBK UNJ, Agung Premono, mengatakan, sempat ada gangguan dalam penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2024 alias UTBK SNBT di Pusat UTBK Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta. 

Gangguan itu ialah terjadi putus hubungan saat ujian berjalan di hari pertama ujian pada Selasa, 30 April 2024. Putus hubungan itu, kata Agung, berasal dari server pusat.

"Putus hubungan berjalan 5 menit," kata Agung di Halaman Gedung Dewi Sartika, UNJ, Jakarta, Sabtu, 4 Mei 2024. 

Adapun peserta diberi waktu 195 menit untuk mengerjakan soal UTBK-SNBT. Meski ada kendala, Agung mengatakan, panitia tidak mengurangi kewenangan peserta.

"Artinya jawaban tidak hilang. Waktu ujian juga tidak terkurangi. Mereka tetap melanjutkan dengan lama sama," kata Agung.

Selain itu, Agung mengatakan, belum ada temuan kecurangan dalam penyelenggaraan UTBK. Pusat UTBK UNJ juga melakukan pengawasan berlapis untuk mencegah kecurangan. 

Tas dan peralatan peserta tidak boleh masuk ruang ujian. Disediakan ruangan unik untuk menitipkan barang-barang peserta. Peserta hanya boleh membawa kartu peserta, kartu identitas, dan surat keterangan sekolah ke ruangan ujian.

Iklan

"Kami sudah sediakan pulpen dan kertas coret-coretan untuk peserta," kata Agung. 

Panitia juga menyediakan metal detector untuk mencegah peserta membawa perangkat komunikasi alias peralatan lain. "Kami lakukan pengawasan berlapis agar tak ada kecurangan," kata Agung.

Agung juga mengatakan, selama empat hari penyelenggaraan UTBK di UNJ melangkah lancar. Semua peserta mengikuti prosedur dengan teratur. 

Sampai hari ini, kata Agung, ada sekitar 95 persen peserta nan mengikuti UTBK. Namun, Agung belum bisa memastikan rinciannya. Ia hanya mengatakan, setiap sesi UNJ melayani 1.115 peserta. Saat ini sudah ada 28 sesi nan digelar di 7 letak UTBK Pusat UNJ. 

Adapun seluruh peserta UTBK UNJ sebanyak 30.364 orang nan terbagi atas 132 sesi dimana setiap hari dilakukan ujian sebanyak 2 sesi.

Pilihan Editor: UTBK di UNJ: Dua Peserta Pingsan, Diduga lantaran Stres

Sumber Tempo
Tempo