Pakar Diet Jelaskan Cara Menyimpan Susu yang Baik

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Viral di media sosial X sebuah video nan memperlihatkan seorang ibu memarahi petugas minimarket lantaran susu nan dibelinya tidak dingin. Hal ini mengundang beragam komentar dari warganet, banyak nan mengatakan tidak semua susu disediakan dalam keadaan dingin di minimarket, terlebih nan berukuran 1 liter.

Pakar diet di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, Fitri Hudayani, menjelaskan menyimpan susu sesuai jenisnya bakal menjaga kualitas dan nilai gizi sehingga tetap mendapat faedah sehatnya.

“Penyimpanan susu tergantung jenisnya. Jika susu bubuk sebaiknya disimpan di tempat nan tertutup, kering, dan rapat dengan suhu sejuk kurang dari 30 derajat celsius. Untuk susu cair sebaiknya disimpan di suhu chiller (lemari pendingin) kurang dari 8 derajat Celcius,” kata Fitri, Rabu, 10 Juli 2024.

Saran penyimpanan susu
Ia mengatakan untuk susu cair nan sudah dipasteurisasi bisa dipanaskan dengan suhu lebih dari 60 derajat Celcius untuk menghilangkan bakteri. Namun Fitri menyarankan susu tidak dipanaskan di suhu lebih dari 100 derajat Celcius untuk mencegah denaturasi protein sehingga kualitas susu menurun. Untuk penyajian, susu bisa dikonsumsi dingin alias hangat, tergantung selera, tetapi kudu tetap memperhatikan jenis susu, keamanan kemasan, dan nilai gizi agar tetap terjaga.

“Susu bisa disajikan dalam kondisi dingin maupun hangat, bisa menyesuaikan dengan selera tetapi kudu memperhatikan jenis susu, keamanan, dan nilai gizi tetap terjaga,” jelasnya.

Iklan

Ia juga mengatakan susu bisa dikonsumsi kapan saja mendampingi makanan pokok lain. Susu merupakan sumber daya nan dapat memenuhi kebutuhan harian dan juga bisa mendapat protein dan lemak sebagai pelengkap nutrisi tubuh nan baik. Karena itu dia mengatakan tidak ada rekomendasi unik berapa banyak susu nan kudu dikonsumsi dan tergantung kebutuhan gizi seseorang.

“Susu juga merupakan sumber mineral, khususnya kalsium nan baik untuk kesehatan tulang,” tambah Fitri.

Pilihan Editor: Cara Keliru Minum Teh Hijau nan Bikin Manfaatnya Berkurang

Sumber Tempo
Tempo