Ngeri Sedap! 5 Menu Makanan Enak Ini Menggunakan Ikan Piranha

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Terkenal sebagai salah satu ikan predator yang ganas dan berbahaya, siapa sangka ikan piranha bisa diolah menjadi berbagai makanan enak seperti ramen dan sebagainya.

Piranha merupakan jenis ikan tawar yang banyak ditemukan di sungai yang ada di Amerika Selatan. Ikan piranha mudah dikenali karena gigi-mereka yang tajam dan hobi makan daging mentah.

Walau sering menelan mangsa, ikan ganas yang satu ini ternyata diklaim memiliki rasa daging yang enak. Biasanya ikan piranha digoreng hingga garing layaknya ikan gurame, tapi ada juga yang menyulapnya menjadi menu sup hingga ramen yang lezat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari berbagai sumber berikut lima makanan enak dari ikan piranha.


1. 5. Ikan Piranha Goreng

Ngeri Sedap! 5 Menu Makanan Enak Ini Menggunakan Ikan PiranhaNgeri Sedap! 5 Menu Makanan Enak Ini Menggunakan Ikan Piranha Foto: Site News


Kebanyakan orang yang pernah mencicipi ikan piranha, pasti menyantapnya dalam bentuk ikan goreng. Ikan piranha goreng merupakan salah satu hidangan yang paling sederhana, dan populer di antara hidangan piranha lainnya.

Tak hanya di Peru atau di Jepang, ikan piranha juga disukai di India. Biasanya mereka menggunakan ikan piranha merah yang memiliki ukuran lebih besar. Setelah bagian dalam ikan dibersihkan, piranha akan dilumuri rempah dan bumbu khas India.

Setelah itu ikan piranha digoreng hingga garing. Lalu disajikan di atas daun pisang dengan irisan bawang bombay mentah untuk menambah rasa segar dan gurihnya.

2. Ramen Piranha

Ngeri Sedap! 5 Menu Makanan Enak Ini Menggunakan Ikan PiranhaNgeri Sedap! 5 Menu Makanan Enak Ini Menggunakan Ikan Piranha Foto: Site News


Selain eksis dan populer di Amerika Selatan, ternyata hidangan piranha juga cukup diminati di Jepang. Pada tahun 2019 lalu muncul ramen ikan piranha pertama di dunia.

Menu spesial ini dihadirkan lewat event bernama 'Ninja Bar' di Cafe Asakusa, Tokyo, Jepang. Semua ikan piranha yang digunakan dalam ramen dikirim langsung dari sungai Amazon.

Ramen ini tampil menarik dengan ikan piranha yang digoreng secara utuh. Bagian kuahnya menggunakan kaldu piranha yang gurih. Meski harganya terbilang cukup mahal tapi ramen piranha ini selalu ludes terjual setiap harinya.

3. Water of Nanay

Ngeri Sedap! 5 Menu Makanan Enak Ini Menggunakan Ikan PiranhaNgeri Sedap! 5 Menu Makanan Enak Ini Menggunakan Ikan Piranha Foto: Site News

Peru memang gudangnya hidangan enak dari ikan piranha. Bahkan ada hidangan yang namanya 'Water of Nanay'. Makanan ini dibuat dari kulit ikan piranha yang dibentuk mirip seperti pangsit goreng.

Uniknya kulit ikan piranha ini disajikan di atas empat kepala piranha utuh yang masih segar. Karena penampilannya yang unik, hidangan ini diburu banyak turis saat sedang berada di Peru.

Untuk bisa menikmati Water of Nanay, kamu hanya perlu mampir ke restoran Central. Letaknya di kota Lima, Peru. Restoran ini menempati posisi 6 dalam daftar World's 50 Best Restaurants lho.

Sumber Detik Food
Detik Food