Nasi Uduk Ibu Sidar: Nasi Uduk 'Ngumpet' di Palmerah Pakai Semur Jengkol yang Legit!

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Cari nasi uduk enak di Palmerah? Coba mampir ke Nasi Uduk Ibu Sidar yang terkenal. Lokasinya 'ngumpet' di dalam gang, tapi tak menyurutkan minat pembeli untuk datang atau pesan berkat rasanya yang mantap!

Nasi uduk Betawi banyak dijajakan di kawasan Jakarta Barat, terutama sekitar Palmerah dan Rawa Belong. Salah satu yang punya banyak peminat adalah Nasi Uduk Ibu Sidar di kawasan Palmerah Utara IV.

Patokannya adalah perumahan Palmerah Residence. Setelah itu maju sekitar 3 rumah, maka kamu akan menemukan Gang Madat dengan patokan papan warna hitam bertuliskan 'Nasi Uduk Ibu Sidar'.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menyusuri gang tersebut beberapa meter, kamu akan melihat spanduk di sisi kiri sebagai penanda lokasi dapur nasi uduk. Untuk area jualannya di sisi kanan dengan etalase kaca mungil bertuliskan Warung Nasi Uduk Ibu Dar menggunakan stiker merah.

Detail Informasi Nasi Uduk Ibu Sidar
Nama Tempat MakanNasi Uduk Ibu Sidar
AlamatJalan Palmerah Utara IV Nomor 14, RT 13/RW 6 (Gang Madat)
Palmerah, Jakarta Barat
No Telp0856-1820-094
Jam Operasional10.30 - habis, Sabtu libur, Minggu buka pukul 06.00 - habis
Estimasi Hargamulai dari Rp 13.000
Tipe Kulinernasi uduk Betawi
Fasilitas
  • makan di area sederhana di tempat
  • pesan lewat ojek online


Racikan Ibu Sidar sejak 2000

 Nasi Uduk 'Ngumpet' di Palmerah Pakai Semur Jengkol yang Legit!Mpok Niar, anak Ibu Sidar yang kini meneruskan usaha Nasi Uduk Ibu Sidar. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Nasi Uduk Ibu Sidar rupanya bukan 'pendatang baru', melainkan cukup legendaris karena sudah dijajakan sejak 2000. Baru sekitar tahun 2012, Ibu Sidar menyerahkan usaha ini kepada anak satu-satunya yang akrab disapa Mpok Niar.

Ditemui detikfood (30/4/2024), Mpok Niar mengungkap nasi uduk Betawi berikut lauk-lauknya di sini masih dibuat dengan resep asli Ibu Sidar. Sang ibu pun kini tinggal mengawasi usaha tersebut.

Ibu Sidar merupakan orang Betawi asli yang mendapat mertua keturunan China. Dari sinilah hobi dan kepiawaian masaknya muncul. "Dia nikah sama orang China, mertuanya Chinese, jago masak. Jadi dia suka bantuin masak mertuanya. Dia tau ilmunya," kata Mpok Niar.

Racikan nasi uduknya yang wangi harum pun ditemukan secara otodidak. Sampai saat ini nasi uduk tersebut diminati karena cocok dengan selera mayoritas orang.

Seporsi nasi uduk mulai dari Rp 13 ribu

 Nasi Uduk 'Ngumpet' di Palmerah Pakai Semur Jengkol yang Legit!Spanduk Nasi Uduk Ibu Sidar ditempel di depan lokasi dapur. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, Nasi Uduk Ibu Sidar buka sore hingga malam hari. Namun setelah pandemi, banyak permintaan pelanggan agar nasi uduk ini dijual lebih awal.

Akhirnya Mpok Niar mulai berjualan pukul 10.30. Barulah sekitar pukul 11.00, pilihan lauknya lengkap. Ia menawarkan sekitar 10 lauk di sini, ditambah gorengan tahu isi, bakwan, dan pastel.

Seporsi nasi uduk polos dibanderol Rp 9 ribu, sedangkan untuk nasi uduk campur bihun goreng dan orek tempe, harganya Rp 13 ribu. Porsi nasi uduknya banyak dengan taburan bawang merah goreng yang bikin wangi.

Untuk lauknya tersedia Ayam Goreng Ketumbar (Rp 16 ribu), Empal (Rp 24 ribu), Telur Balado (Rp 6 ribu), Semur Jengkol (Rp 10 ribu), Semur Telur (Rp 6 ribu), Semur Tahu/Tempe/Kentang (Rp 3 ribu), Bakwan Udang (Rp 6 ribu), Perkedel (Rp 3 ribu), dan aneka gorengan (Rp 2 ribu per buah).

Nasi uduk wangi berlimpah taburan bawang goreng

 Nasi Uduk 'Ngumpet' di Palmerah Pakai Semur Jengkol yang Legit!Nasi uduk dibuat dengan beras pera, tapi tetap empuk. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

detikfood tak melewatkan lauk favorit di sini. Kami memesan nasi uduk dengan paduan bihun goreng, semur jengkol, empal, dan bakwan udang. Harganya Rp 44 ribu.

Tampak nasi uduk dan lauk disajikan di piring beralas daun pisang sehingga lebih memikat selera dengan tampilan warna hijau alami dan aromanya yang khas.

Hmmm.. Wangi nasi uduknya harum karena ditambahkan daun jeruk. Sementara tekstur nasi uduknya tidak pulen, tapi tetap empuk.

Menurut Mpok Niar, itu memang ciri khas nasi uduk Betawi dimana berasnya justru tidak pulen. Namun meski dibuat dari beras pera, teknik masak yang betul ternyata bisa hasil nasinya tetap empuk.

Nasi uduk diberi taburan bawang merah goreng yang melimpah. Bawang goreng dibuat sendiri oleh Mpok Niar berbahan bawang merah Brebes sehingga teksturnya lebih garing.

Pelengkap bihun goreng di sini tak bisa disepelekan. Kami awalnya mengira kehadirannya hanya sebagai 'pemanis', tapi ternyata dibuat penuh bumbu oleh Mpok Niar. Alhasil bihun gorengnya sedap dengan rasa bawang putih yang kuat. Tekstur bihunnya juga empuk!

Semur jengkol legit berpadu empal empuk

 Nasi Uduk 'Ngumpet' di Palmerah Pakai Semur Jengkol yang Legit!Empal, bakwan udang, hingga semur jengkol jadi lauk nasi uduk favorit. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Nasi Uduk Ibu Sidar punya semur jengkol yang legit, empuk, dan meresap bumbunya. Jengkolnya diolah dengan cara khusus agar lembut dan ditambahkan beberapa rempah agar aromanya tidak kencang.

Kunci kelezatan semur lalu ada pada paduan 2 jenis kecap andalan Mpok Niar dan rempahnya yang lengkap, mulai dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, dan daun salam agar wangi. Kuah semurnya patut disirami ke permukaan nasi uduk agar menambah rasa manis gurih!

Empal daging jadi lauk termahal di sini. Meski begitu, porsinya besar dan bisa dinikmati 2 orang menurut kami. Empal baru akan digoreng setelah ada yang pesan sehingga lauk ini dijamin tersaji hangat.

Empal dibuat dari bagian 'full' daging sehingga teksturnya kokoh dan padat. Bumbunya dibuat manis gurih dan meresap sampai ke setiap serat-serat daging sehingga amat puaskan selera.

Lanjut ke bakwan udang, rasanya juga nikmat karena potongan udangnya segar dan banyak. Balutan tepungnya cukup tebal, tapi teksturnya tetap krenyes renyah saat digigit dengan rasa gurih yang dominan.

Yang bikin kami tambah jatuh cinta, sambal kacang racikan Mpok Niar. Teksturnya kental, kacang tanahnya banyak, dan rasanya gurih dengan susulan pedas yang kuat. Bikin makan jadi berselera!

Nasi Uduk Ibu Sidar juga punya ayam goreng enak. Baca halaman selanjutnya.

Simak Video "Makanan Yang Ingin Dicobain Kyuhyun SuJu Kalau ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber Detik Food
Detik Food