Nasi Uduk Betawi Asli Pakai Semur Jengkol dan Sambal Kacang

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Nasi uduk Betawi asli memakai topping irisan telur dadar dan taburan bawang goreng. Untuk lauknya yang khas berupa semur jengkol. Tak lupa pelengkap sambal kacang yang gurih pedas.

Nasi uduk merupakan salah satu makanan khas suku Betawi yang masih eksis sampai sekarang. Terbukti dari kehadiran banyak penjual nasi uduk Betawi di berbagai spot ibu kota, sejak pagi hingga malam hari.

Nasi uduk Betawi punya sejarah panjang dan menarik. Sejarawan Betawi, Yahya Andi Saputra (22/2/2021) pernah mengungkap pada detikfood asal-usul nasi gurih wangi ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia tidak dapat memperkirakan tahun kapan nasi uduk ditemukan. Namun yang jelas, makanan ini sejak dulu menjadi bagian dari ritus (upacara) seperti bikin perahu baru atau melepas perahu baru. Kegiatan upacara ini diketahui sudah ada sejak sebelum Islam masuk ke Nusantara, diperkirakan pada abad 12-13.

Nasi Uduk, savory rice dish from Betawi, Jakarta. It is steamed mixture of white rice and coconut milk. Commonly sprinkled with some fried shallots. The rice is placed on an earthenware pot lined with banana leaf, which in turn will add some leafy fragrant to the hot rice. A rice ladle made of coconut shell and wood is tucked among the rice grains.Nasi uduk konon sudah ada sejak abad ke-12 dan 13. Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Menyoal kata 'uduk', konon berasal dari kata 'kedudukan' karena nasi uduk disebut sebagai simbol kedudukan. Contohnya pada upacara melepas perahu ke laut, sang juraganlah yang bakal mengadakan upacara.

Juragan pemilik perahu itu lantas disebut orang yang memiliki kedudukan. "Kedudukan yang baik itu artinya akan mendapat berkah, karena kamu berbaik-baik kepada pemilik laut, Dewi Penguasa Laut. Kedudukan itu satu makna dari sesuatu yang dimiliki itu oleh seseorang, yang bernilai tinggi di dalam strata kehidupan sosial masyarakat," tutur Yahya.

Kini nasi uduk Betawi bisa dibagi ke dalam dua kategori umum. Pertama adalah nasi uduk yang menggunakan lauk ayam goreng seperti pecel ayam. Kedua adalah nasi uduk Betawi versi 'kampung' dengan lauk bihun goreng, orek tempe, semur jengkol, hingga sambal kacang.

Nasi uduk ini banyak ditemukan di Jakarta Barat, seperti di Palmerah, Rawa Belong, Jelambar, hingga Slipi. Biasanya penjual menawarkan nasi uduk di tempat sederhana seperti warung tenda pinggir jalan hingga menggunakan etalase kaca di dalam gang.

nasi uduk mpok faridaAneka semur dan telur balado jadi lauk khas nasi uduk Betawi. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Harganya tentu saja lebih murah dibanding nasi uduk Betawi versi lauk ayam goreng hingga empal goreng. Biasanya modal Rp 10 ribuan sudah dapat nasi uduk dengan lauk sederhana seperti telur dadar, bihun goreng, mie goreng, dan orek tempe.

Pada ulasan pekan ini, detikfood akan membahas serba-serbi nasi uduk Betawi asli. Mulai dari racikan yang autentik, ciri khasnya, dan tentu saja tempat menikmati nasi uduk Betawi yang terkenal enak.

Kami akan mendatangi 2 penjual nasi uduk Betawi yang ada di Jakarta Barat, tepatnya di kawasan Palmerah dan Jelambar. Keduanya kerap menuai antrean panjang hingga ludes dalam waktu beberapa jam saja karena terkenal dengan racikan nasi uduk Betawi yang enak.

Jangan sampai ketinggalan informasinya, pantau terus detikfood ya!

(adr/adr)

Sumber Detik Food
Detik Food