Nasdem, PKS, dan Perindo Jajaki Koalisi pada Pilkada 2024 di Sulsel

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, JakartaTiga partai politik ialah Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Perindo menggelar pertemuan internal untuk membangun komunikasi politik nan mengarah ke koalisi menghadapi Pilkada 2024 di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

"Kami telaah itu berangkaian Pilkada Sidrap dan 23 Pilkada se-Sulsel,” ujar Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulsel Syaharuddin Alrif perihal hasil pertemuan dengan petinggi parpol tersebut di Makassar, Kamis, 2 Mei 2024.

Pertemuan tersebut dihadiri Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse, Wakil Ketua Nasdem Sulsel Ady Ansar, Ketua DPW PKS Sulsel Amri Rasyid nan didampingi Bendahara PKS Sulsel Muzayyin Arif, serta Ketua Perindo Sulsel Sanusi Ramadhan.

Syaharuddin nan digadang-gadang maju sebagai bakal calon Bupati Sidrap mengungkapkan belum ada keputusan final nan mengarah ke koalisi pada bincang-bincang politik selama beberapa jam itu. Menurutnya, pertemuan hanya sebatas silaturahmi.

Meski demikian, Wakil Ketua DPRD Sulsel ini mengatakan komunikasi politik tetap terbuka dengan partai lain guna menghadapi Pilkada 2024 serentak di 24 kabupaten/kota, termasuk pemilihan gubernur Sulsel.

"Kalau jenis Nasdem 2024 itu berbeda dengan 2019. Kami membuka diri, kami berkomunikasi dengan semuanya, lantaran ini konsepnya bekerja bersama, menang bersama. Karena kami mempunyai bangku di Sulsel, jadi bagaimanapun kami mendukung," katanya.

Menurut dia, konsep nan baik dalam pilkada adalah gimana kader nan bakal maju berkompetisi tidak menimbulkan perpecahan. Komunikasi politik dengan parpol lain juga terbuka seperti Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, dan partai lainnya untuk saling memberikan dukungan.

"Ada beberapa nama dibicarakan, tapi kelak pak RMS (Rusdi Masse Mappasessu) bakal undang semua ketua partai setelah buahpikiran dan pendapat ini dibuat. Ini dilakukan agar tadi, ada wilayah saling support dan ada pula wilayah lain saling berkontestasi," ujar dia.

Gerindra dan Nasdem Buka Peluang Koalisi

Adapun Gerindra dan Nasdem berkesempatan berkoalisi pada pemilihan kepala wilayah alias pilkada gubernur, bupati dan wali kota di Sulsel pada 27 November 2024.

"Sebagai sahabat, saya dan Pak RMS (Rusdi Masse Mappasessu) sudah berjumpa membahas pilgub (pemilihan gubernur), pilbup (pemilihan bupati) dan pilwali (pemilihan wali kota), tapi kami ngomong santai," ujar Ketua Partai Gerindra Sulawesi Selatan Andi Iwan Darmawan Aras di Makassar, Kamis, 18 April 2024.

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Sumber Tempo
Tempo