Minum Kopi Dicampur Kolagen Bisa Bikin Kulit Glowing, Apa Iya?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Minum kopi dicampur kolagen bermanfaat sebagai skincare alami. Perpaduan keduanya dapat membuat kulit menjadi glowing dan kencang. Ini faktanya!

Mungkin bagi sebagian orang, kopi dicampur kolagen merupakan hal yang belum lumrah. Kolagen adalah jenis protein berserat yang bagus untuk kesehatan kulit.

Karenanya kolagen kerap jadi campuran produk-produk kecantikan. Tak hanya itu, rupanya kolagen bagus menjadi campuran kopi. Bahkan menjadi tren sebagai skincare alami.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun di samping itu, mencampurkan kopi dengan kolagen disebut dapat menyebabkan struktur molekulnya meleleh karena suhu panas. Lantas apakah aman dikonsumsi?

Dikutip dari Mind Body Green (12/12/22) berikut faktanya!

1. Apakah kolagen rusak terkena suhu panas?

Tips minum kopi tanpa takut gigi kuningMinum kopi campur kolagen bisa membuat kulit glowing. Foto: Getty Images/ChristopherBernard

Menurut ahli gizi Ashley Jordan Ferira, peptida kolagen berkualitas tinggi dalam bentuk bubuk dapat stabil pada suhu panas sekalipun.

"Artinya bubuk kolagen cukup serbaguna dalam kemampuannya untuk dicampurkan ke dalam minuman baik dingin, hangat, atau panas," ujar Ashley Jordan Ferira.

Namun, kolagen tidak sepenuhnya tidak dapat dihancurkan. Ashley mengatakan bahwa suhu yang sangat tinggi dan berkepanjangan dapat menjadi penyebab terjadinya denaturasi.

2. Batas maksimal suhu panas untuk kolagen

Secara khusus, kolagen dapat menahan suhu hingga sekitar 200 derajat Celcius. Apapun yang lebih panas dari itu dalam waktu lama bisa berpotensi merusak integritas protein.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan bahwa minuman panas seperti kopi biasanya berada di suhu sekitar 100 derajat Celcius. Jadi, tidak perlu khawatir akan merusak kolagen.

Selain itu, Ashley menambahkan bahwa ikatan peptida yang menyatukan asam amino dalam peptida kolagen pada akhirnya akan dipecah oleh tubuh.

Fakta tentang kopi dicampur kolagen ada di halaman selanjutnya.

Simak Video "Anjuran Kopi dan Teh Tak Dikonsumsi saat Sahur"
[Gambas:Video 20detik]

Sumber Detik Food
Detik Food