Menang Telak di Aceh saat Pilpres 2024, Anies: Terima Kasih Orang-orang Pemberani

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mengunjungi Provinsi Aceh pada Jumat, 3 Mei 2024. Anies-Muhaimin mengawali kunjungan di Aceh dengan mengikuti salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahkman, Aceh.

Momen tersebut dibagikan Anies di IG pribadinya @aniesbaswedan, Jumat.

Dalam unggahan itu, Anies Baswedan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh lantaran telah memberi support di Pilpres 2024. “Kami berdua (Anies-Muhaimin) datang ke sini untuk menyampaikan rasa syukur dan terima kasih lantaran orang-orang pemberani memberikan kepercayaan kepada kami,” kata Anies.

Anies menyebut, sebagian besar masyarakat Aceh telah memberikan kepercayaan kepada Anies-Muhaimin di Pilpres 2024. Dukungan nan besar itu, kata Anies, membikin mereka secara unik mendatangi Aceh. Kunjungan ini merupakan nan pertama setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan sengketa Pilpres nan diajukan Anies-Muhaimin. 

“Ketika Mahkamah Konstitusi menuntaskan pekan lampau maka nan pertama kali kami datangi adalah tanah Aceh,” kata Anies.

Di depan masyarakat Aceh, Anies berjanji bakal terus menjaga kepercayaan nan telah diberikan masyarakat Aceh. Dia memastikan, perjuangan nan telah dilakukan selama Pilpres bakal terus dilanjutkan.

Iklan

“Kepercayaan ini kami emban, kami perjuangkan dengan sekeras-kerasnya, kami perjuangkan dengan sehormat-hormatnya, kami perjuangkan dengan semulia-mulianya, kami perjuangkan sampai setuntas-tuntasnya,” kata Anies.

Adapun pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menang telak di Provinsi Aceh dengan meraup meraup 2.369.534 suara. Anies-Muhaimin memperoleh dua per tiga lebih dari total bunyi sah di Aceh, ialah 3.221.235.

Sementara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memetik 787.024 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md., hanya memperoleh 64.677 suara.

Meski menang di Aceh, bunyi Anies-Muhaimin kalah secara nasional. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan calon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pemenang Pilpres 2024. Penetapan itu dilaksanakan melalui rapat pleno di Kantor KPU, Jakarta Pusat pada Rabu, 24 April 2024 usai putusan Mzk soal sengketa Pilpres.

Pilihan Editor: Anies Baswedan Disebut Berencana Hidupkan Kembali Acara Desak Anies

Sumber Tempo
Tempo