Memasak Pasta Dimulai Dalam Air Dingin, Bikin Lebih Enak?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Cara memasak pasta ada beberapa teknik agar teksturnya tidak lengket dan tingkat kematangannya pas. Salah satu tipsnya memakai air dingin sejak awal.

Pasta adalah makanan unik Italia nan mempunyai beragam jenis bentuk, ada spaghetti, penne, makaroni, dan lainnya. Makanan ini dapat diolah dengan beragam resep, seperti dimasak dengan saus bolognese, carbonara, hingga minyak oliva dengan resep aglio olio.

Kalau mau menyantap pasta nan enak, Anda kudu memperhatikan teksturnya. Pastikan teksturnya al dente ialah empuk, namun agak kenyal di bagian tengahnya berfaedah tidak terlalu lembek dan keras.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari Mashed (1/5), ada langkah memasak pasta menggunakan air dingin. Jika memandang judulnya sekilas bakal terbayangkan langkah memasak pasta tanpa merebusnya.

Kesalahan masak pasta nan sering dilakukanMemasak pasta Foto: Getty Images/iStockphoto

Cara memasak pasta ini dibagikan oleh akun IG Test Kitchen Amerika. Bahan nan perlu dipersiapkan ialah 1 liter air dingin dan pasta.

Pertama, air dingin itu dituangkan ke dalam panci nan besar, sertakan langsung pastanya. Setelah itu, tambahkan 1 1/2 sendok teh garam dan masak hingga mendidih.

Proses merebusnya menggunakan api kecil. Masak hingga mendidih dan lakukan pengecekan berulang sampai pasta matang sesuai dengan tingkat keempukan nan diinginkan.

Meskipun air direbus sampai mendidih, tapi kudu menggunakan air dingin. Air dingin hanya berkedudukan di awal, saat Anda memasukkan pasta ke dalam wajan berisi air dingin sebelum menyalakan api.

Ternyata, pasta nan dimasak dengan air dingin ini tak ada bedanya dengan proses merebus pada umumnya. Teksturnya apalagi bisa lebih keras. Namun, proses memasaknya terbilang lebih sigap ialah 14 menit.

Pasta nan dimasak di dalam air dingin ini juga menghasilkan rasa nan terlalu asin. Namun begitu disantap, rasa asin pada pasta tersebut memudar dan akhirnya tidak lagi terasa.

Simak Video "Pasta by The Park nan Hidden Gem di Jakarta Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Sumber Detik Food
Detik Food