Manfaat Kesehatan Rutin Minum Jus Semangka, Turunkan Tekanan Darah

Sedang Trending 3 hari yang lalu

CANTIKA.COM, Jakarta - Apa nan terjadi pada tubuh jika minum jus semangka setiap hari khususnya saat musim panas?Jus semangka lebih dari sekedar pelepas dahaga. Itu dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan nan menawarkan beragam faedah kesehatan tetapi haruskah Anda meminumnya setiap hari?

Suhu terik di musim panas dapat membikin Anda merasa capek dan dehidrasi. Jus semangka, minuman menyegarkan dan mudah didapat, bisa menjadi solusi nan menggiurkan. Tapi apa nan terjadi pada tubuh Anda jika Anda menjadikannya minuman musim panas harian Anda?

G Sushma, Ahli Gizi Klinis di CARE Hospitals Banjara Hills, menguraikan faedah dan potensi kerugian dari makanan pokok musim panas ini.

Manfaat Kesehatan Jus Semangka

Jus semangka lebih dari sekedar pelepas dahaga. Itu dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan nan menawarkan beragam faedah kesehatan, menurut Sushma:

Pahlawan Kesehatan Jantung: Likopen dan beta-karoten berkontribusi pada kesehatan jantung, apalagi berpotensi meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi akibat kanker.

1. Sumber Vitamin

Vitamin B6 meningkatkan kadar dopamin, Vitamin C menyegarkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan Vitamin A menjaga penglihatan Anda.

2. Tekanan Darah

Asam amino, berbareng dengan magnesium dan potasium, bekerja sama untuk mengatur tingkat tekanan darah nan sehat.

3. Manajemen Berat Badan

Rendah kalori, saribuah semangka mungkin bisa menjadi kawan Anda jika Anda memperhatikan berat badan Anda. Bahkan dapat membantu menurunkan kolesterol dan lemak tubuh.

4. Detoksifikasi

Antioksidan dalam saribuah semangka membantu mengeluarkan racun dari sistem pencernaan Anda. Ia juga mengandung citrulline dan mineral nan meningkatkan kesehatan rambut dan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

5. Pengaturan waktu adalah kuncinya

Meskipun saribuah semangka dapat menyegarkan kapan saja, Sushma menyarankan agar saribuah paling baik dinikmati di pagi alias sore hari, idealnya antara jam 10 pagi dan 12 siang. Pengaturan waktu ini mengoptimalkan hidrasi dan penyerapan nutrisi.

Ini juga bisa menjadi minuman sebelum alias sesudah latihan, lantaran elektrolit mengisi kembali daya nan hilang, dan citrulline dapat membantu mengatasi nyeri otot.

Pilihan Editor: Kareena Kapoor bagikan Pose Yoga Chakrasana, Bisa Turunkan Tekanan Darah

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Sumber Tempo
Tempo