Makan Yogurt Tiap Hari, Apakah Menyehatkan Pencernaan?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Jakarta -

Yogurt kerap dikonsumsi untuk sarapan, karena dapat menyehatkan sistem pencernaan dan baik untuk diet. Apakah bisa dikonsumsi setiap hari?

Yogurt merupakan makanan sehat yang terbuat dari susu fermentasi dengan campuran dua jenis bakteri, yaitu lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus. Karena terbuat dari susu, makan ygurt tinggi protein.

Tak heran kalau yogurt terutama yogurt tawar sangat baik dikonsumsi untuk sarapan. Karena memberikan manfaat yang baik untuk sistem pencernaan, membuat perut kenyang, dan melunturkan lemak.

Dilansir dari Delish (10/4), Jessica Cording, seorang ahli diet menyebutkan kalau manfaat kesehatan ini karena kandungan nutrisinya. "Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan kalsium, vitamin B-12, riboflavin, potasium, dan fosfor," jelasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW4 Manfaat Yogurt, Makanan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Kandungan proteinnya juga tinggi. "Seporsi yogurt dapat mengandung hingga 16 gram (protein), tergantung jenis dan mereknya, selain itu juga diperkaya dengan vitamin D," katanya.

Kim Yawitz, seorang ahli diet juga menjelaskan kalau kandungan probiotiknya dapat membantu dalam mengoptimalkan keseimbangan antara mikroorganisme baik dan jahat pada usus.

"Mengonsumsi probiotik ini dapat membantu mencegah infeksi usus. Meringankan gejala sindrom iritasi usus besar dan mengurangi risiko kanker usus besar," ungkapnya.

Ternyata nilai gizi yogurt secara spesifik bisa berbeda-beda tergantung pada jenis dan merek yogurt. Menurut Yawitz, sebagian besar bakteri sehat alami dalam yogurt sebenarnya mati saat yogurt dipasteurisasi.

Namun, Yawitz mengatakan banyak produsen menambahkan lebih banyak bakteri probiotik setelah yogurt dipasteurisasi. Hanya jenis yogurt yang diperkaya ini yang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan usus.

Selain itu, nutrisi dari setiap yogurt sangat bervariasi tergantung pada seberapa banyak gula yang ditambahkan. "Banyak orang terkejut saat mengetahui bahwa yogurt rasa buah yang tampaknya tidak berbahaya mengandung tambahan gula yang sama banyaknya dengan seporsi es krim," kata Yawitz.

Jadi, yogurt baik dikonsumsi setiap hari asalkan memperhatikan jenisnya. Pilih yogurt yang kandungan protein tinggi dan rendah gula, seperti Greek Yogurt. Konsumsi yogurt tanpa tambahan pemanis atau gula.

Simak Video "Makanan Yang Ingin Dicobain Kyuhyun SuJu Kalau ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Sumber Detik Food
Detik Food