Kunci Ester Nurumi Tri Wardoyo Kalahkan Kim Ga Ran di Semifinal Piala Uber 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Atlet tunggal putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, sukses menyumbang poin untuk Tim Merah Putih saat menghadapi Korea Selatan di babak semifinal Piala Uber 2024. Ia membawa Indonesia unggul 2-1 setelah mengalahkan Kim Ga Ram melalui rubber game dengan skor 20-22, 21-16, 21-12, di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu, 4 Mei 2024.

Pada gim pertama, perebutan nomor berjalan sengit bagi kedua pemain. Keduanya saling bergantian untuk mengungguli satu sama lain dengan margin tipis. Kim mempunyai pertahanan nan cukup susah untuk ditembus, sementara Ester mempunyai kekuatan nan terbukti bisa membuka celah pertahanan lawan.

Setelah berkompetisi ketat, kemenangan gim pertama diraih oleh Kim dengan skor 22-20. “Tadi mungkin di gim awal saya sudah cukup unggul tapi lampau dapat dikejar. Saat itu, konsentrasi saya agak lenyap dan dia naik kepercayaan dirinya,” kata Ester seusai pertandingan.

Pada gim kedua, Ester berupaya untuk tampil lebih tenang sembari menjaga kontrol serta momentum kelebihan nan dia pegang di awal pertandingan. Ester pun semakin berani untuk melancarkan bola-bola nan lebih kuat dan variatif sehingga cukup mengejutkan dan menyulitkan Kim.

Semakin percaya diri, Ester akhirnya merebut gim kedua dan memaksakan rubber game untuk membikin Indonesia kembali unggul di babak semifinal Piala Uber 2024.

Iklan

Pada gim penentuan, Ester kembali menemukan kepercayaan dirinya dan tampil lebih lepas. Ia sukses memberikan tekanan kepada Kim sehingga musuh menjadi tertekan dan banyak melakukan kesalahan sendiri.

Setelah lebih dari satu jam bermain, adik dari tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo itu pun akhirnya menggandakan kelebihan untuk Indonesia melalui skor 21-12. “Di gim kedua dan ketiga, saya mencoba lebih fokus. Di gim pertama saya lebih ragu-ragu dan banyak memberikan bola tanggung. Maka dari itu, saya mencoba untuk lebih percaya dengan permainan saya,” kata Ester.

Ini merupakan semifinal Piala Uber pertama Indonesia setelah penantian 14 tahun. Terakhir kali Indonesia lolos ke babak empat besar adalah pada jenis 2010 nan diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Para srikandi Merah Putih mempunyai kesempatan untuk lolos ke babak final, dan jika perihal itu terjadi, maka itu adalah pertama kalinya sejak Piala Uber 2008.

Pilihan Editor: Timnas U-23 Indonesia vs Guinea di Laga Playoff: Justin Hubner dan Rizky Ridho Absen, Elkan Baggott dan Alfeandra Dewangga Dipanggil

Sumber Tempo
Tempo