Kreasi Resep Kimchi Agar Aman Dikonsumsi, Berbahan Mentimun dan Lobak

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

CANTIKA.COM, Jakarta - Sekitar seribu kasus dan terus bertambah kasus keracunan makanan telah dilaporkan di Kota Namwon, Korea Selatan. Menurut laporan BBC, lonjakan mendadak ini disebabkan oleh konsumsi kimchi, makanan pokok tradisional Korea, nan dikonsumsi pada sebagian besar makanan. Penyakit nan dimaksud telah diidentifikasi sebagai norovirus nan sangat menular, sesuatu nan mudah ditularkan melalui permukaan nan terkontaminasi. 

Meskipun produksi dan pengedaran peralatan dari perusahaan penghasil kimchi telah dihentikan sementara, situasi nan ada menarik perhatian pada daya tarik dunia nan telah dikembangkan oleh kimchi di seluruh penjuru dunia, mengingat booming nan signifikan di wilayah Selatan. Jika Anda cemas kimchi berpotensi membikin Anda sakit, mengingat musim hujan, berikut ini resep membikin kimchi agar terhindar penyakit nan ditularkan melalui makanan tersebut.

Mengganti Kubis dengan Sayuran Lain 

Bahan dasar dari jenis kimchi nan paling klasik adalah kubis. nan paling terkenal adalah kimchi Baechu dengan kubis napa sebagai dasarnya. Versi lainnya antara lain kimchi Bossam nan menggunakan daun selada dan kimchi Gat nan menggunakan daun dan batang sawi Korea. 

Meskipun betul-betul menggugah selera, jenis makanan lezat Korea ini menggunakan sayuran silangan nan tidak diragukan lagi menambah profil rasa nan kompleks pada keseluruhan hidangan, namun merupakan sarang penyakit bawaan makanan, terutama selama musim hujan. Cara nan sangat sederhana, untuk menghindari jatuh sakit, adalah dengan mengganti kubis dengan lobak alias mentimun. Selain itu, bahan dasar nan renyah dan kuat untuk ramuan fermentasi, lobak, dan mentimun sebenarnya merupakan pilihan terkenal di kalangan pecinta kimchi tradisional.

Kimchi Lobak

Anda dapat memilih antara kimchi Baek alias kimchi putih (yang semuanya tidak termasuk gochugaru), Kkakdugi alias kimchi lobak pangkas dadu, kimchi lobak Chonggak alias ekor kuda, kimchi Nabak alias kimchi air merah, dan Dongchimi alias kimchi air lobak. Resep nan paling mudah, menurut The Spruce Eats, adalah Dongchimi.

Resep hanya dengan memotong lobak dan membiarkannya didiamkan dalam garam dan gula selama sehari pada suhu kamar. Langkah ini diikuti dengan menambahkan larutan garam dan gula hangat ke dalam lobak selain bawang putih cincang dan daun bawang. Setelah sekitar 2 hari fermentasi, Dongchimi Anda siap dikonsumsi. Cukup simpan di lemari es dalam wadah rapat udara hingga berbulan-bulan mendatang.

Kimchi Mentimun

Jika kimchi putih tidak memberikan rasa pedas seperti makanan pokok Korea, cobalah kimchi mentimun alias Oi Sobagi. Versi My Korean Kitchen dari resep ini menyediakan banyak pertukaran nan memastikan Anda dapat masuk ke dapur Anda saat ini juga dan menyiapkan sebagian dari kelezatan ini.

Yang Anda butuhkan untuk alasnya hanyalah mentimun segar dan renyah, wortel nan dipotong-potong, dan daun bawang cincang. Untuk saus kimchi, Anda memerlukan gochugaru pedas, bawang putih cincang dan jahe, parutan apel, madu, dan kecap ikan. Biarkan mentimun cincang di dalam garam sejenak sebelum mencampurkan semua bahan untuk saus kimchi dan memijatkannya ke dalam mentimun, wortel, dan daun bawang. Simpan dalam wadah rapat udara dan konsumsi dalam waktu 7 hari.

Pilihan Editor: Kreasi Resep Masakan Korea untuk Akhir Pekan, Beef Bulgogi dan Kimchi Jjigae

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Sumber Tempo
Tempo