KPK Dalami Keberadaan Harun Masiku dari HP Hasto yang Disita

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 12 Jun 2024 02:40 WIB

Tim Juru Bicara KPK Budi Prasetyo memastikan bahwa pemeriksaan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto adalah murni proses penegakan hukum. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ketika diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi buronan Harun Masiku di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/6). (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami keberadaan tersangka korupsi nan juga mantan calon legislatif PDIP Harun Masiku melalui handphone Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang disita oleh penyidik.

"Penyidik bakal mendalami dari penyitaan perangkat komunikasi tersebut, nan tentu keterangan-keterangan di dalamnya dibutuhkan dalam proses pemeriksaan dalam perkara ini," kata Tim Juru Bicara KPK Budi Prasetyo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (11/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi menegaskan pemeriksaan Hasto kemarin bukan sesuatu nan tiba-tiba. Ia memastikan bahwa pemeriksaan tersebut adalah murni proses penegakan hukum.

"Tim interogator tentu bakal mengoptimalkan beragam langkah untuk mendapatkan info dan keterangan nan dibutuhkan, sehingga pemeriksaan dalam perkara ini ataupun dalam konteks pencarian salah satu DPO dalam perkara ini juga kemudian bisa membuahkan hasil," ujarnya.

Budi belum dapat memastikan apakah interogator KPK akan kembali memeriksa Hasto dalam kasus dugaan korupsi nan menjerat Harun Masiku hingga buron selama empat tahun.

"Pemeriksaan ke depan tentu itu menjadi kewenangan dan kebutuhan interogator ya dalam proses pemeriksaan di perkara ini," kata Budi.

Hasto Kristiyanto sebelumnya diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap nan menjerat mantan calon legislatif PDIP Harun Masiku.

Hasto mengaku diperiksa selama 4 jam oleh Tim Penyidik KPK. Selain itu, Hasto mengaku handphone hingga catatannya disita oleh interogator KPK.

KPK diduga telah mengetahui keberadaan Harun nan telah menjadi buron selama empat tahun lebih. Harun sempat terlacak berada di luar negeri.

(pop/fra)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnn indo
cnn indo