Kopi Single Origin Punya Keunikan, Indonesia Punya 7 Jenis Unggulan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta -

Kamu mungkin pernah mendengar istilah 'single origin' saat membeli kopi. Sebenarnya apa itu single origin? Lalu apa keistimewaan dan karakter kopi ini?

Pencinta kopi terkadang belum memahami istilah-istilah nan ada di bumi kopi. Salah satunya kopi single origin nan kerap dianggap sebagai kopi dari satu tempat spesifik.

Faktanya, arti kopi single origin lebih luas dari itu. Jenis kopi ini pun jadi favorit para pencinta kopi lantaran profil aroma dan rasa nan spesifik serta istimewa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas apa itu kopi single origin? Mengutip Counter Culture Coffee (11/6), arti single origin bisa jadi lebih rumit dari sekadar kopi nan berasal dari satu tempat.

Ketika memandang penjelasan "Kopi Ethiopia", misalnya, banyak orang berpikir kopi ini single origin lantaran berasal dari "single" namalain "satu" negara.

Namun secara lebih spesifik, kopi single origin dapat ditelusuri ke sebuah wilayah, sebuah koperasi, dan apalagi suatu perkebunan, alias produsen perorangan. Jadi, tidak hanya dari sebuah negara alias kawasan.

Hari Kopi Internasional 2021, 7 Single Origin Indonesia Ini Jadi Primadona di DuniaFoto: Istimewa

Kopi single origin biasanya diberi nama spesifik berasas pedoman dari produsennya. Jika berasal dari sebuah perkebunan alias produsen biji kopi, biasanya menggunakan unsur nama salah satunya.

Kopi single origin juga bisa dipakai untuk mendiskripsikan kopi nan berasal dari golongan produsen dalam wilayah geografis tertentu. Biasanya golongan tersebut sudah sepakat memilih nama untuk mengidentifikasi diri dan kopi mereka.

Contohnya kopi single origin La Golondrina, dari Timbio, Kolombia. Anggota Koperasi Organica memilih nama ini untuk mewakili diri dan produk mereka.

Keistimewaan kopi single origin

Selain lantaran asal-usulnya, kopi single origin juga punya keistimewaan dari segi rasanya. Bukan berfaedah lebih lezat dari jenis kopi blend (campuran), melainkan punya rasa berbeda-beda.

Sebab banyak aspek nan memengaruhi rasa secangkir kopi, mulai dari varietas, iklim, hingga pemrosesan. Setiap aspek ini unik di setiap tempat. Dari satu negara ke negara lain dan satu wilayah ke wilayah lain, rasa kopi berbeda-beda.

Karakteristik terakhir dan nan paling krusial dari kopi single origin adalah musim. Pasalnya kopi terasa paling lezat saat dijual tak lama setelah dipanen.

Dibanding kopi blend (campuran), racikan kopi single origin punya kelebihan dari segi rasanya nan unik dan lebih kuat. Alhasil, pencinta kopi bakal mendapatkan pengalaman mencicipi kopi nan lebih spesial lantaran ada satu dua rasa nan menonjol.

Mengutip The Studio Coffee (5/12/2022), ini sebabnya, beberapa jenis kopi nan dibuat dari single origin menghasilkan profil rasa nan tidak sepenuhnya seperti kopi. Ada beberapa jenis kopi nan justru lebih menonjolkan rasa seperti teh hitam alias buah-buahan.

Indonesia punya beragam kopi single origin unggulan. Baca laman selanjutnya.

Sumber Detik Food
Detik Food