Komisi III DPR Setujui Usulan Kenaikan Anggaran Polri Jadi Rp 165,31 Triliun

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui usulan kenaikan anggaran Kepolisian Negara Republik Indonesia alias Polri untuk 2025. Komisi III, nan merupakan mitra kerja Polri di parlemen, menyatakan bakal mengusahakan agar usulan tersebut diterima dalam pengambilan keputusan tingkat selanjutnya di DPR.

Usulan penambahan biaya tersebut awalnya disampaikan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia alias Wakapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Agus Andianto dalam rapat berbareng Komisi III di kompleks parlemen Senayan, Jakarta pada Selasa, 11 Juni 2024. Agus mewakili Kapolri Listyo Sigit Prabowo nan sedang berdinas ke Yogyakarta.

Diketahui, pagu sugestif tahun anggaran 2025 untuk Polri awalnya adalah sebesar Rp 104,67 triliun. Kepolisian mengusulkan agar jumlah tersebut naik menjadi Rp 165,98 triliun.

Dalam rapat, personil Komisi III, Eva Yuliana menyatakan permintaan tersebut bisa diterima. “Komisi III DPR RI menerima dan menyetujui usulan program Kepolisian Negara Republik Indonesia sesuai dengan Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2025 sebesar Rp 104,67 triliun dan bakal memperjuangkan usulan tambahan nan diajukan sebesar Rp 60,64 triliun,” kata Eva Yuliana mewakili komisinya.

“Sehingga menjadi Rp 165,31 triliun,” ucap personil Fraksi Partai NasDem itu. Pernyataan Eva itu kemudian diikuti ketokan palu dari Ketua Komisi III Bambang Wuryanto namalain Bambang Pacul menandai sahnya usulan itu diterima.

Pada tahun sebelumnya, Polri diketahui juga meminta kenaikan anggaran dari pagu sugestif 2024. Adapun pagu sugestif tahun anggaran 2024 nan ditetapkan Kementerian Keuangan awalnya sebesar Rp 114,76 triliun.

Iklan

Saat penyusunan anggaran 2024, Polri mengusulkan agar pagu sugestif tersebut dinaikkan sebesar Rp 12,14 triliun. Jumlah tersebut menjadi Rp 126,90 triliun.

Namun, Polri tidak mendapatkan jumlah nan diusulkan tersebut dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024. Menurut laman Kementerian Keuangan, anggaran Polri akhirnya ditetapkan sebesar Rp 117,41 triliun untuk tahun ini.

Dengan jumlah tersebut, Polri menempati ranking tiga kementerian/lembaga dengan pagu anggaran terbesar dalam APBN 2024. Adapun posisi pertama ditempati Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan pagu Rp 147,37 triliun. Sementara di posisi kedua APBN 2024 ada Kementerian Pertahanan dengan pagu Rp 139,27 triliun.

Pilihan Editor: Sosok Kapolda Jateng Ahmad Luthfi Didorong Maju Pilkada Jateng, Seberapa Dekat dengan Jokowi dan Listyo Sigit?

Sumber Tempo
Tempo