Komentar Coach Justin Soal Pemain Timnas U-23 Indonesia Marselino Ferdinan yang Tengah Disorot Netizen

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat sepak bola Indonesia Justinus Lhaksana alias berkawan disapa coach Justin memberikan nasihat untuk pemain muda Indonesia Marselino Ferdinan nan tengah menjadi sorotan.

Marselino nan mencetak dua gol di Piala Asia U-23 2024 Qatar, namanya sedang banyak dibicarakan masyarakat baru-baru ini lantaran dinilai bermain egois saat Garuda Muda kalah 1-2 dari Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Dalam laga nan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis, 2 Mei 2024, itu, dalam beberapa momen Marselino terlihat memamerkan skill-nya untuk untuk dirinya sendiri daripada memilih bermain nan melibatkan kerja sama tim.

Aksi-aksi dari pemain 19 tahun itu lantas memantik perhatian pencinta sepak bola tanah air, termasuk juga seorang pengamat nan dulunya merupakan mantan pembimbing timnas futsal Indonesia coach Justin nan meminta pemain KMSK Deinze itu untuk lebih bermain dewasa ke depannya.

“Ya Marselino kudu lebih grow up lah, kudu lebih dewasa dari sisi permainannya. Bermain untuk tim bukan untuk dia sendiri. Itu aja,” kata coach Justin kepada Antara, Jumat.

Justinus Lhaksana. (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Di usianya nan baru menginjak 19 tahun, coach Justin tidak menerima apa nan dilihatnya pada Marselino nan terlihat ‘show off’ alias pamer skill saat melawan Irak, dibanding bermain untuk tim.

Iklan

Menurutnya, dengan talenta luar biasa nan dimiliki Marselino, dia semestinya lebih bisa bermain untuk tim daripada mementingkan egonya sendiri.

Ia lampau menambahkan bahwa dengan memulai pekerjaan di level timnas pada usia 17 tahun, semestinya pemain kelahiran Jakarta itu juga kualitasnya lebih berkembang selama menimba pengetahuan dua tahun di bawah didikan pembimbing Shin Tae-yong.

“Lihat dia mulainya dari 17 tahun, harusnya ada progres dong. Beda jika masuknya 19 tahun, itu bisa gue terima. Dia udah dari 17 tahun, tapi kok gak berkembang,” katanya.

Di KMSK Deinze, Marselino kurang mendapatkan menit bermain dimana sejak kepindahannya pada akhir Januari 2023 silam, dia baru tampil tiga kali dengan total 16 menit bermain.

Pilihan Editor: Shin Tae-yong Bicara Peluang Panggil Elkan Baggott untuk Laga Timnas U-23 Indonesia vs Guinea

Sumber Tempo
Tempo