Komang Ayu Cahya Dewi Menang, Indonesia Melangkah ke Final Piala Uber 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - Atlet tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi, memetik kemenangan atas wakil Korea, Kim Min Sun, dalam laga penentuan babak semifinal Piala Uber 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu, 4 Mei 2024. Kemenangan ini memastikan kemenangan 3-2 Indonesia atas Korea.

Komang kudu menjalani laga sengit melawan Kim Min Sun melalui rubber game. Ia menang 17-21 21-16 21-19 sekaligus membawa Indonesia melangkah ke babak final.

Jalannya Pertandingan

Komang mengalami kesulitan dalam mengembangkan permainan sejak awal babak pertama. Kim sukses mendikte jalannya permainan. Beberapa kali permainan net Kim membikin Komang meninggal langkah. Wakil Korea tersebut memetik kelebihan 11-7 pada interval game pertama. 

Komang tampaknya bakal sukses keluar dari tekanan setelah mendapatkan dua poin beruntun setelah jeda. Namun, Kim Min Sun sukses memanfaatkan momentum dan menjaga jarak poin untuk menutup game pertama dengan skor 21-17.

Pada game kedua, Komang bermain dengan lebih sabar. Ia melancarkan ragam serangan bola ke garis belakang bagian permainan Kim dan penempatan bola depan net secara akurat. Strategi itu efektif. Memanfaatkan beberapa kesalahan Kim dalam menyeberangkan shuttlecock, Komang memetik kelebihan 11-6 pada interval.

Setelah jeda, Komang mempertahankan kelebihan meskipun Kim Min Sun sukses memberi tekanan balik. Ia sukses memperkecil selisih poin menjadi 18-16 sebelum Komang memutus perolehan poin lawannya. Momentum itu Komang jaga untuk memetik kemenangan 21-16 pada game kedua.

Pada game ketiga, Komang sukses mempertahankan ritme permainannya. Meski sempat tertinggal 7-5, Komang sukses membalikkan kelebihan 11-9 pada interval game ketiga. Setelah jeda, dia sukses memanfaatkan stamina Kim Min Sun nan mulai menurun dengan ragam strategi bola lob. 

Iklan

Kim Min Sun sempat memberi perlawanan ketika memperkecil selisih poin menjadi 19-20. Namun, smash keras Komang ke arah tubuh Kim Min Sun mengakhiri pertandingan dengan skor 21-18 untuk Indonesia.  

Indonesia Unggul Lebih Dulu

Indonesia mendapatkan kelebihan pertama lewat Gregoria Mariska Tunjung. Ia sukses mengalahkan Sim Yu Jin dalam pertarungan dua game langsung nan berhujung dengan skor 21-15 dan 21-13. 

Korea sukses menyamakan kedudukan. Apriyani Rahayu / Siti Fadia Silva Ramadhanti, nan turun pada partai kedua, menelan kekalahan dua game langsung dari dobel putri jagoan Korea Selatan, Baek Ha Na / Lee So Hee. Apriyani dan Fadia kalah dalam dua game langsung 6-12 dan 18-21. 

Indonesia mengembalikan kelebihan pada partai ketiga. Turun pada nomor tunggal putri, Ester Nurumi Tri Wardoyo sukses menghentikan perlawanan Kim Ga Ram lewat duel sengit tiga game. Ester menang dengan skor 20-22 21-16 21-12.

Pada laga keempat, Lanny Tria Mayasari / Ribka Sugiarto, kudu menelan kekalahan dari wakil Korea, Jeong Na Eun / Kong Hee Yong. Lanny dan Ribka kalah dalam pertarungan dua game langsung 15-21 dan 14-21.

Pilihan Editor: Timnas U-23 Indonesia vs Guinea di Laga Playoff: Justin Hubner dan Rizky Ridho Absen, Elkan Baggott dan Alfeandra Dewangga Dipanggil

Sumber Tempo
Tempo