Kenapa Dinosaurus Punah dari Muka Bumi?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Jutaan tahun nan lampau bumi dipenuhi oleh dinosaurus dan tumbuhan purba. Namun, kenapa dinosaurus punah dan tidak ditemukan sama sekali sekarang ini?

Dinosaurus disebut hidup di bumi pada era Mesozoikum nan terjadi pada 252 juta hingga 66 juta tahun nan lalu. Era ini dibagi menjadi tiga periode, ialah Triassic, Jurassic, dan Cretaceous.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sekitar 66 juta tahun nan lalu, dinosaurus punah lantaran akibat asteroid besar dan aktivitas vulkanik nan terus-menerus terjadi.

Meski demikian, ada beberapa makhluk hidup nan sukses memperkuat dan berevolusi hingga menjadi hewan dan burung modern seperti nan ditemukan sekarang ini.

Untuk mengetahui argumen kenapa dinosaurus punah, berikut penjelasannya dihimpun dari beragam sumber.


Dinosaurus punah akibat asteroid menabrak bumi

Kenapa dinosaurus punah? Jawaban pertama adalah lantaran ada asteroid besar nan menabrak bumi. Dikutip dari laman National Geographic, teori ini dipopulerkan oleh Luis dan Walter Alvarez pada 1980.

Menurut Luis dan Walter Alvarez, sebuah meteor sebesar gunung menghantam bumi sekitar 66 juta tahun nan lalu. Hantaman tersebut membikin atmosfer dipenuhi dengan gas, debu, dan puing-puing nan mengubah suasana bumi secara drastis.

Bukti utama dari hantaman asteroid ini ada pada jumlah logam iridium nan sangat tinggi nan menutupi lapisan batuan nan mengandung fosil dinosaurus. Lapisan tersebut dikenal sebagai lapisan Kapur Paleogen alias K-Pg.

Logam iridium ini unik lantaran jarang ditemukan di kerak bumi, tetapi banyak ditemukan di meteorite berbatu.

Teori ini juga menjadi semakin kuat ketika para intelektual mengaitkan peristiwa kepunahan dinosaurus dengan keberadaan kawah tumbukan nan besar di sepanjang pantai Semenanjung Yucatan di Meksiko.

Kawah ini mempunyai ukuran sekitar 93 mil. Ukuran nan besar dan usia nan serupa dengan kepunahan dinosaurus membikin banyak orang percaya kepunahan dinosaurus dikarenakan oleh asteroid.


Dinosaurus punah akibat letusan vulkanik di beragam tempat

Berdasarkan teori lain, kepunahan dari dinosaurus rupanya bukan lantaran asteroid nan jatuh saja. Beberapa intelektual percaya ada penyebab lain nan membikin ribuan dinosaurus punah dalam waktu nan sangat cepat.

Kepunahan dinosaurus bisa juga terjadi lantaran aktivitas vulkanik nan terjadi jutaan tahun nan lalu.

Aliran lava antik di India nan dinamakan sebagai Deccan Traps memperlihatkan bahwa terjadi luapan lava besar-besaran pada 60 hingga 65 juta tahun nan lalu.

Luapan lava tersebut menghasilkan batuan vulkanik nan menutupi nyaris 200.000 mil persegi. Beberapa lapisan apalagi mempunyai ketebalan sampai 6.000 kaki.

Peristiwa letusan nan begitu besar tersebut bisa membikin langit bumi dipenuhi dengan karbon dioksida dan gas-gas lain nan mengubah suasana bumi secara drastis.

Teori ini didukung dengan bukti bahwa suhu bumi telah berubah sebelum jatuhnya asteroid. Tak hanya itu, peneliti juga menemukan kematian massal dan turunnya populasi dinosaurus pada akhir periode Cretaceous.

Peneliti juga beranggapan aktivitas vulkanik adalah perihal nan lebih sering ditemukan di bumi, sedangkan jatuhnya meteor raksasa jarang terjadi. Dengan demikian, teori kepunahan dinosaurus bisa terjadi lantaran aktivitas vulkanik di bumi.

Di lain sisi, bisa jadi kepunahan dinosaurus disebabkan oleh kombinasi kedua teori di atas.

Ada kemungkinan bahwa dinosaurus adalah makhluk nan punah lantaran musibah ganda, ialah jatuhnya asteroid dengan ukuran nan sangat besar dan letusan vulkanik nan terus-menerus terjadi.

Kedua perihal tersebut membikin ekosistem bumi melemah dan suasana berubah. Pada akhirnya, dinosaurus kesulitan untuk tetap memperkuat hidup di bumi hingga pada akhirnya menjadi punah.

Demikian adalah jawaban dari pertanyaan kenapa dinosaurus punah. Semoga bermanfaat.

(sac/fef)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnn indo
cnn indo