Kedutaan Besar India Rayakan Hari Yoga Internasional dengan Yoga Bersama di 75 Wilayah di Indonesia

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

CANTIKA.COM, Jakarta - Kedutaan Besar India di Indonesia merayakan Hari Yoga Internasional (IDY) ke-10, berpusat di lapangan instansi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024. 

Hari Yoga Internasional tahun ini memasuki usia 10 tahun sejak dicanangkan. Tema tahun ini ialah “Yoga for Self and Society,” menyoroti kekuatan transformatif yoga untuk kesejahteraan perseorangan dan keselarasan sosial. 

Sedangkan untuk hubungan diplomatik antara India dan Indonesia, pada tahun ini sudah terjalin 75 tahun lamanya. Hal ini pun dijadikan nomor seremoni Hari Yoga Internasional di beragam wilayah di Indonesia.

"IDY tahun ini merupakan seremoni luar biasa atas yoga dan persahabatan jangka panjang antara India dan Indonesia. Partisipasi antusias di 75 letak di Indonesia menyoroti daya tarik universal yoga dan komitmen kita berbareng untuk kesehatan dan keharmonisan," ucap Duta Besar Sandeep Chakravorty dalam sambutannya.

Bersama Kedutaan Besar dan Konsulat India di Bali dan Medan, beragam perkumpulan organisasi India di Surabaya, Bandung, Jakarta, Semarang, dan Studio Yoga Indonesia, merayakan beragam aktivitas yoga di seluruh tanah air. 

Selain itu, untuk menghubungkan dua tetangga maritim nan dekat ini, Kapal Angkatan Laut India – INS Saryu juga tiba di Belawan, Medan. Para pejabat Angkatan Laut India dan Indonesia melakukan yoga di atas kapal untuk menyampaikan pesan keselarasan sosial di Hari Yoga. Konsulat di Bali merayakan aktivitas tersebut di Lapangan Puputan Badung, Denpasar.

Peserta yoga berbareng berpotret di depan poster seremoni Hari Yoga Internasional ke-10 di lapangan instansi Kemenpora, Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024. Foto: CANTIKA/Rezki Alvionitasari.

Di Jakarta, IDY ke-10 dihadiri oleh nyaris 300 pecinta yoga dari segala usia dan jenis kelamin.

Untuk di Solo sendiri, seremoni Hari Yoga bakal dilaksanakan Minggu, 23 Juni 2024 di Pagelaran Keraton Surakarta. Menurut Sandeep, aktivitas ini bekerja sama dengan Kantor Walikota Surakarta dan Keraton Surakarta. Acara tersebut bakal dimeriahkan oleh Walikota dan Wakil Presiden terpilih Bapak Gibran Rakabuming Raka. 

Lalu tokoh ternama dan seniman yoga Anjasmara bakal memandu aktivitas yoga. Acara ini juga bakal diakhiri dengan seremoni akbar yoga disertai dengan malam “Seni dan Budaya” dengan penampilan India dan Indonesia nan memukau.

"Kedutaan mau mengucapkan terima kasih nan sebesar-besarnya kepada seluruh mitra dan peserta Indonesia dan India atas support mereka nan sangat berbobot dalam menjadikan aktivitas IDY tahun spesial ini betul-betul megah dan luar biasa," tutur Sandeep.

Pilihan Editor: 7 Pose Yoga nan Membantu Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Sumber Tempo
Tempo